Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Rabu, Mei 27th, 2015 - Perangkat Keras

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet – Teknologi Informasi dan komunikasi saat ini telah terbukti sebagai sarana informasi yang dapat diandalkan. Kebutuhan akan Informasi semakin meningkat sehingga kebutuhan tersebut berdampak dengan meningkatnya pengguna internet di dunia. Banyak perangkat yang dapat digunakan untuk mengakses internet seperti handphone, smartphone, laptop dan komputer. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan membahas apa saja perangkat keras yang diperlukan untuk mengakses internet.

Namun, sebelum kita membahas pada nomor 1. Saya ingatkan jangan lupa “Like dan Share” artikel ini. Yuk kita sama-sama bangun blog ini agar memberikan manfaat kepada banyak orang. Sekaligus dengan memberi Like anda bisa mendownload artikel ini dalam format Pdf.

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

1. Modem
Modem adalah singkatan dari modulasi-modulasi. Fungsi utama dari modem adalah mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog / sinyal suara dan sebaliknya mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Ketika sebuah perangkat komputer mengirimkan data ke internet, modem akan mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dengan demikian sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telpon.

Ketika modem menerima data dari internet, modem akan mengubah sinyal suara dari kabel telpon menjadi sinyal digital, sehingga komputer dapat membaca sinyal tsb. Dengan cara ini modem dapat membuat beberapa komputer saling terhubung dengan menggunak kabel telpon dan jaringan internet.

Untuk lebih lengkapnya, saya sudah membahas artikel khusus tentang modem. Silahkan baca di “Fungsi Modem Internal dan Eksternal

Jenis-jenis Modem
Modem memiliki dua jenis yang sekarang beredar di pasaran, yaitu modem internal dan modem eksternal. Perbedaan di antara dua modem tersebut adalah dari pemasangan nya. Modem internal di pasang di dalam motherboard komputer, sedangkan modem eksternal dipasang diluar komputer.
Keuntungan menggunakan modem internal adalah harganya yang relatif murah sedangkan kelemahannya adalah dari pemasangan yang sulit dan tidak dapat dipindah-pindah kecuali harus membuka cassing komputer.

Adapun keuntungan menggunakan modem internal adalah pemasangan yang mudah dan dapat dipindahkan ke komputer mana saja yang kita inginkan, kelemahannya adalah harga yang lebih mahal.

2. Kartu Jaringan
Kartu jaringan atau Lan Card adalah salah satu perangkat keras untuk mengakses internet. Apabila kita ingin komputer yang kita gunakan bisa terhubung dengan komputer yang lain, kita harus menggunakan kartu jaringan. Sekarang ini banyak motherboard yang telah dipasangi Lan Card sehingga kita tidak perlu lagi membeli secara terpisah.

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

3. Bluetooth
Bluetooth adalah salah satu teknologi komunikasi nirkabel (tanpa kabel) yang beroperasi pada pita frekuensi 2.4 GHz. Bluetooth sendiri dapat berupa card atau USB adapter yang dipasang pada sebuah perangkat phone, PDA, Headset, kamera printer, printer, router dll. Biasanya bluetooth digunakan untuk jaringan lokal nirkabel. Bluetooth mempunyai kemampuan untuk mentransper data sampai jangkauan 100 meter.

4. Kartu WiFi
Kartu Wifi adalah salah satu dari macam-macam perangkat keras komputer yang dapat digunakan untuk mengakses internet. WiFi berfungsi untuk menangkap sinyal Wifi dari sebuah jaringan WiFi. Jaringan WiFi memungkinkan kita untuk mengakses internet. biasanya sinyal WiFi terdapat di Kampus, Area Perkantoran, Restoran, Hotel, Kampus, Bandara, Mall dan lain-lain.

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Sekarang perusahaan Telkom memberikan satu fasilitas yang dinamakan wifi.id. Banyak orang yang mulai menggunakan fasilitas ini karena harganya yang murah dan kecepatan yang memuaskan. Jika Anda belum tahu bagaimana cara mendaftar wifi.id silahkan kunjungi artikel : cara daftar wifi.id gratis

Pada komputer atau laptop biasanya sudah dipasang kartu WiFi, sehingga kita tidak perlu lagi mambelinya secara terpisah, kecuali jika anda menginginkannya.

5. Gateway
Gateway adalah sebuah antarmuka yang menyediakan kompatibilitas antara jaringan dengan mengubah kecepatan transmisi, protokol, kode, atau tindakan pengamanan.

6. Router
Router Merupakan perangkat jaringan yang meneruskan paket data antar jaringan komputer. Router melakukan fungsi “traffic directing” di Internet. Paket data biasanya diteruskan dari satu router ke router lainnya melalui jaringan yang membentuk internetwork sampai mencapai simpul tujuannya. Router bekerja pada lapisan OSI 3.

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Baca lebih lengkap “Pengertian Router dan Fungsinya

7. Switch
Switch adalah perangkat yang menghubungkan perangkat secara bersamaan di jaringan komputer, dengan menggunakan packet switching untuk menerima, memproses dan meneruskan data ke perangkat tujuan.

Berbeda dengan Hub jaringan yang kurang canggih, switch jaringan akan meneruskan data hanya ke satu atau beberapa perangkat yang perlu menerimanya, daripada menyiarkan data yang sama dari masing-masing portnya. Switch ini bekerja pada lapisan OSI 2.

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

8. Bridge
Bridge adalah perangkat yang menghubungkan beberapa segmen jaringan. Bridge bekerja pada lapisan OSI 1 dan 2.

9. Hub
Hub adalah perangkat keras untuk menghubungkan beberapa perangkat Ethernet bersama-sama dan menjadikannya sebagai segmen jaringan tunggal. Hub memiliki beberapa port input / output (I / O), di mana sinyal yang diperkenalkan pada input dari setiap port muncul pada output dari setiap port kecuali yang asli masuk.

Sebuah hub bekerja pada lapisan fisik (lapisan 1) dari model OSI. Hub pengulang juga berpartisipasi dalam deteksi tabrakan, meneruskan sinyal macet ke semua port jika mendeteksi tabrakan. Hub sekarang sebagian besar usang, telah diganti oleh switch jaringan kecuali pada instalasi yang sangat tua atau aplikasi khusus.

10. Repeater
Repeater adalah perangkat elektronik yang menerima sinyal dan mentransmisikan ulang pada tingkat yang lebih tinggi atau daya yang lebih tinggi, atau ke sisi lain dari penyumbatan, sehingga sinyal dapat menutupi jarak yang lebih jauh.

Perangkat keras lain yang digunakan untuk koneksi internet dial-up meliputi:

1. Multiplexer: perangkat yang hanya memilih satu sinyal dari beberapa sinyal masukan listrik.

2. Network interface controller (NIC): perangkat yang menghubungkan komputer ke jaringan komputer berbasis kabel.

3. Pengontrol antarmuka jaringan nirkabel: perangkat yang menghubungkan komputer yang terpasang ke jaringan komputer berbasis radio.

4. ISDN terminal adapter (TA): gateway khusus untuk ISDN.

5. Driver jalur: perangkat untuk meningkatkan jarak transmisi dengan memperkuat sinyal; Digunakan hanya di jaringan base-band saja.

Nah, itulah macam-macam perangkat keras untuk mengakses internet. Jika anda ingin menambahkan, silahkan berkomentar pada kotak komentar yang sudah dibawah. Terimakasih sudah berkunjung.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.