Perbedaan RAM dan ROM

Senin, Mei 4th, 2015 - Perangkat Keras

Perbedaan RAM dan ROM – Memory adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah di proses oleh processor. Informasi tersebut dapat berbentuk perintah-perintah atau data-data. Sebagai tempat penyimpanan, memori mempunyai ruang-ruang peyimpanan di mana ruang-ruang penyimpanan memiliki alamat sendiri berupa nomor-nomor yang menunjukan lokasi tertentu di memori.

Ketika membeli komputer baru maka perbedaan antara RAM dan ROM penting untuk dipahami. Itu karena keduanya berbeda dalam memberikan kecepatan, dan dari jenis penyimpanan dan fitur lainnya.

Untuk itu, dalam postingan kali ini saya akan mencoba berbagi tentang perbedaan RAM dan ROM, sebagai mana yang telah kita ketahui bahwa RAM dan ROM adalah sebuah memori, memori terbagi menjadi dua bagian, yaitu memori internal yang disebut dengan RAM ( Random Acces Memory) dan memori eksternal atau ROM (Road Only Memory).

Perbedaan RAM dan ROM

Perbedaan RAM dan ROM

Perbedaan utama antara RAM dan ROM yaitu RAM merupakan volatile memory. Artinya data bisa terhapus saat sistem shut down atau restart. ROM adalah bagian memori yang tidak mudah menguap dimana data tetap permanen karena diperlukan untuk sistem.

Selain itu, Perbedaan RAM dan ROM bisa dilihat dari fungsinya masing-masing. RAM merupakan memori yang berfungsi menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan. Perintah dan data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari hardisk, data-data yang dimasukan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemerosesan sebuah program.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca artikel Pengertian RAM dan Fungsinya

Satuan ukuran kemampuan sebuah memori menyimpan informasi disebut byte. Saat ini kemampuan memori untuk menyimpan informasi yang paling tinggi yang beredar di pasaran adalah mencapai 3 Gigabyte. Kemampuan ini akan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi komputer.

Pengertian dan Fungsi ROM (Read Only Memory)

ROM merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyimpan perintah data secara tetap. Sesuai dengan namanya, komputer hanya dapat membaca data dan perintah yang terdapat di ROM. Komputer tidak dapat merubah data dan perintah yang disimpan pada ROM.

Baca juga : Macam macam media penyimpanan data

Perintah-perintah yang disimpan di ROM tetap dibutuhkan oleh komputer. misalnya, perintah-perintah yang dijalankan pada saat komputer pertama dihidupkan. Perintah-perintah diisikan oleh pabrik komputer pada saat komputer tersebut dibuat.

Kesimpulannya !!! Perbedaan RAM dan ROM bisa dilihat di Point-point dibawah ini.
1. RAM bisa ditulis dan di baca, Tapi ROM tidak.
2. Penyimpanan data pada RAM bisa dilakukan dengan mudah dan Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah.
3. Pengisian data pada RAM diisi oleh pengguna. Dan program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya.
4. RAM digunakan untuk menyimpan perintah atau data secara “tidak tetap” (bisa hilang karena komputer mati) dan ROM sebaliknya.

Perbedaan lainnya … 
1. RAM mudah diakses oleh prosesor sedangkan ROM tidak bisa langsung diakses oleh prosesor karena pertama kali ditransfer ke RAM dimana dijalankan oleh prosesor.

2. RAM bersifat fluktuatif karena secara otomatis terhapus saat shutdown komputer. ROM bersifat non-volatile karena tidak pernah terhapus bila ada shutdown atau restart komputer.

3. RAM digunakan untuk menyimpan informasi sementara untuk waktu singkat. Memori ROM digunakan untuk menyimpan informasi permanen dan tidak dapat dihapus.

4. RAM adalah bentuk chip sedangkan ROM umumnya merupakan optical drivers yang terbuat dari magnetic tape.

5. RAM mahal dibandingkan dengan ROM.

6. Ukuran chip RAM lebih besar dari ROM.

7. RAM Statis dan Dynamic RAM adalah jenis RAM. PROM, EPROM dan EEPROM adalah jenis ROM.

Sekian dari saya mengenai perbedaan RAM dan ROM secara singkat, terimakasih sudah berkunjung.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Perbedaan RAM dan ROM

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.