Sejarah Database Secara Singkat

Minggu, Februari 28th, 2016 - Informasi Teknologi

Sejarah Database Secara Singkat – Dalam sebuah ilmu komputer ada beberapa sistem untuk mengatur pendataan dalam perangkat komputer. Database merupakan system yang berfungsi untuk mengatur data yang ada dalam komputer. Terdapat sekian banyak sistem kerja database yang mempunyai hukum cara kerja tersendiri.

Database mempunyai sejarah, lalu bagaimana database bisa berkembanag sampai sekarang?? Dan ternyata perkembangan database sendiri ternyata sejalan dengan perkembangan komputer, sebab komputer sendiri tidak hanya alat penghitung juga berkembang jadi alat pengolah data.

Sejarah Database Secara Singkat

Sejarah Database Secara Singkat

Sejak era jaman dahulu ketika basis data telah jadi konsentrasi yang mutlak pada aplikasi. Di awal tahun 1960, Charles Bachman, seorang asal Amerika merancang generasi pertama DBMS yang dinamakan Daya Simpan Data Terintegrasi atau Integrated Data Store.

Dasar model data jaringan terbentuk lalu distandarisasi oleh CODASYL atau Conference on Data System Languages. Setelah itu, ilmuan komputer yang dilahirkan di Kansar pada tahun 1924 ini menerima Turing Award dari Association for Computing Machinery (ACM) pada tahun 1973 untuk “kontribusi luar biasa untuk teknologi database.

Menurut sejarah, sistem pemrosesan basis data terbentuk sesudah masa sistem pemrosesan manual dan sistem pemrosesan berkas. Sistem pemrosesan manual (berbasis kertas) ialah wujud pemrosesan yang memanfaatkan basic berupa setumpuk rekaman yang disimpan pada rak-rak berkas. Apabila berkas-berkas tersebut digunakan, berkas tersebut mesti dicari di rak-rak tersebut.

Sistem pemrosesan berkas adalah sebuah sistem komputer, di mana sekelompok rekaman disimpan pada banyaknya berkas dengan cara terpisah. Perancangan sistem ini didasarkan kepada kepentingan individual pengguna, bukan kepentingan sebanyak pengguna. Maka setiap aplikasi menuliskan data tersendiri, alhasil ada bisa saja data yang sama terdapat pada berkas-berkas lain yang dipakai oleh program penerapan lain.

Sejarah Database Management system (DBMS)
Generasi pertama DBMS di desain oleh Charles Bachman di perusahaan General Electric pada awal thn 1960, dinamakan sbg Daya Simpan Data Terintegrasi (Integrated Data Store). Dibentuk basic buat model data jaringan yang selanjutnya distandardisasi oleh Conference on Data Sistem Languages (CODASYL).

Bachman seterusnya menerima ACM Turing Award (Penghargaan semacam Nobel dalam ilmu komputer) di tahun 1973. Dan pada akhir 1960, IBM mengembangkan system manajemen informasi (Information Management Sistem) DBMS.

IMS dibentuk dari representasi data pada kerangka kerja yang dinamakan dengan model data hirarki. Dalam waktu yang sama, dikembangkan system SABRE sebagai hasil kerja sama antara IBM dengan perusahaan penerbangan Amerika. System ini mengizinkan user untuk membuka data yang sama pada jaringan komputer.

Pada tahun 1985, Microsoft dan IBM mengumumkan perjanjian kerja sama Jangka Panjang untuk pengembangan Os atau Sistem Operasi dan produk-produk perangkat lunak yang lain. Pengumuman ini adalah permulaan dimulainya OS/2, suatu system operasi sesudah masa kejayaan MS-DOS. Baca juga: Pengertian Sistem Operasi dan Fungsinya

OS/2 ini akan lebih “hebat” dan lebih “canggih” daripada MS-DOS, Dia akan dapat menangani multitasking application dengan menggunakan kekuatan processor Intel yang terupdate yaitu 80286. “That was the plan!” OS/2 secara resmi diumumkan terhadap bulan April 1987, dan dijanjikan dapat sedia untuk end-user pada akhir tahun tersebut.

terimakasih sudah membaca┬áSejarah Database Secara Singkat, semoga bermanfaat! ­čśÇ

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.