Pengertian VGA Card dan Fungsinya

Selasa, Mei 3rd, 2016 - Perangkat Keras

Pengertian VGA Card dan Fungsinya – Apa itu VGA Card? Video Graphics Array disingkat VGA dan biasa disebut dengan (video card, video adapter, display kartu, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter). Istilah VGA Card sendiri ternyata sering digunakan untuk mengacu pada resolusi monitor berukuran 640×480, apapun produsen perangkat keras kartu grafisnya.

Kegunaan dan Fungsi VGA Card adalah untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Jika anda ingin bermain Game, menonton video dengan kualitas HD, maka anda harus menggunakan VGA Card yang berkualitas tinggi, seperti ATI dan Nvidia. Dibawah ini adalah gambar VGA Card Nvidia.

Baca juga: Perbedaan Nvidia GeForce dan ATI Radeon

Pengertian VGA Card dan Fungsinya

Pengertian VGA Card dan Fungsinya

Tidak hanya itu, VGA Card dapat juga mengacu pada konektor VGA 15-pin yang selalu digunakan dengan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke layar monitor. Standar VGA digantikan oleh standar XGA dari IBM, namun ternyata VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Sekarang ini, VGA Card telah menggunakan Graphic Accelerator Chipset, Chipset ini merupakan chipset terbaru dimana telah dilengkapi kekuatan akselerasi tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang dimilikinya. Tidak hanya VGA Card, Saat ini juga banyak sekali periferal PC pendukung yang disebut “3D Accelerator”. Yang mana fungsi dari akselerator 3D ini adalah untuk mengolah atau menterjemahkan data gambar 3D dengan lebih sempurna.

Akselerator 3D yang keberadaannya tidak lagi membutuhkan IRQ ini dapat melaksanakan manipulasi-manipulasi grafis 3D yang lebih kompleks dan tentunya lebih sempurna. Contohnya seperti yang terdapat pada Game PC yang mendukung 3D dapat ditampilkan dengan gambar seperti aslinya, sehingga dapat membuat gambar terlihat lebih nyata.

Hal ini dikarena jumlah fungsi pengolahan grafis 3D yang awalnya dilakukan oleh procesor pada motherboard yang saat ini sudah digunakan oleh procesor grafis 3D pada 3D accelerator tersebut. Dengan adanya pembagian kerja ini, maka procesor yang terdapat pada motherboard bisa lebih banyak melaksanakan pekerjaan pemerosesan data-data yang lain. Di luar itu para programmer tidak perlu membuat fungsi grafis 3D dikarenakan fungsi tersebut sudah terdedia di akselerator tiga dimensi.

Baca juga : Pengertian Motherboard dan Fungsinya

Kesimpulan
Seperti yang telah disinggung di atas bahwa fungsi VGA Card adalah menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari sebuah komputer jadi penampilan grafis pada layar monitor. VGA Card (Video Graphic Adapter) berfungsi untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke layar monitor. Untuk menggambar atau rancangan suatu graphic maupun hanya sekedar bermain game. VGA Card sering juga disebut Kartu display, card VGA atau card grafis.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.