Pengertian Switch Fungsi Serta Kegunaannya

Selasa, Juli 19th, 2016 - Perangkat Keras

Pengertian Switch Fungsi Serta Kegunaannya – Apa itu Switch? Switch adalah hardware atau perangkat keras yang biasanya dijadikan sebagai alat atau perangkat keras jaringan pengganti hub pada sebuah jaringan.

Atau pengertian Switch adalah perangkat dalam jaringan komputer yang secara elektrik dan logis menghubungkan perangkat lain. Beberapa kabel data dicolokkan ke sebuah tombol untuk memungkinkan komunikasi antara perangkat jaringan yang berbeda.

Pengertian Switch Fungsi Serta Kegunaannya

pengertian switch dan fungsinya

Switch mengelola aliran data melalui jaringan dengan mentransmisikan paket jaringan yang diterima hanya ke satu atau beberapa perangkat yang paketnya dimaksudkan. Setiap perangkat jaringan yang terhubung ke switch dapat diidentifikasi dengan alamat jaringannya, memungkinkan peralihan mengatur arus lalu lintas. Ini memaksimalkan keamanan dan efisiensi jaringan.

Baca juga: 10 Perangkat Jaringan Komputer beserta Gambarnya

Switch tidak hanya berfungsi sebagai pembagi sinyal, tetapi switch juga berfungsi sebagai penyaring atau filter paket dan kemudian menyebarkan sinyal tersebut pada jaringan tersebut.

Switch juga adalah device atau perangkat jaringan sederhana yang berfungsi sebagai penghubung multi tipe pada komputer yang bekerja pada protokol layer jaringan dasar. Switch bekerja pada layer dua yaitu pada link layer dari OSI model.

Jadi kesimpulan dari pengertian switch adalah sebuah perangkat keras jaringan yang berfungsi sebagai pengatur dan pembagi sinyal data dari suatu komputer ke komputer lain yang terhubung dengan sebuah jaringan, danjuga sebagai penyaring data yang terkirim antar komputer pada sebuah jaringan.

Fungsi switch hampir sama dengan HUB yang membedakan antara keduanya yaitu switch bisa melakukan pengaturan, proses, dan filterisasi paket data. Biasanya masing-masing Port pada switch dapat di atur sehingga dapat di tentukan port mana saja yang dapat terhubung atau terkoneksi.

Switch adalah perangkat yang mirip dengan HUB, bisa di ibaratkan kembar lah. namun switch adalah perangkat yang lebih cerdas dan performa yang dihasilkan switch lebih tinggi dibandingkan HUB.

Kegunaan Switch
Switch dapat digunakan untuk memeriksa dengan teliti setiap paket data yang diteriam komputer atau jaringan. Switch dapat menentukan Tujuan dan sumber paket data yang melewatinya. Switch dapat digunakan sebagai Forwarder setiap paket data dengan cepat.

Baca juga Pengertian HUB dan Fungsinya

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Switch dan Fungsi Switch. Semoga penjelasan tersebut dapat anda pahami dan kita menjadi lebih memahami apa itu Switch, kemudian kedepannya kita bisa menentukan perangkat mana yang cocok untuk digunakan pada jaringan komputer yang kita bangun.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Pengertian Switch Fungsi Serta Kegunaannya

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.