Jenis Jenis Kabel Jaringan Komputer

Rabu, April 12th, 2017 - Perangkat Keras

Jenis Jenis Kabel Jaringan Komputer – Secara umum, ada dua jenis utama dari kabel komputer jaringan, yaitu kabel UTP dan kabel STP. Kabel UTP jauh lebih terkenal dan populer untuk individu; sedangkan kabel STP lebih digunakan pada komputer server dan komputer mainframe.

Tujuan Utama Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sarana yang memungkinkan komputer dan perangkat lain untuk terhubung satu sama lain. Kabel jaringan komputer menghubungkan komponen yang berbeda dan sering berfungsi sebagai pelabuhan masuk dan kurir untuk paket data dan informasi digital.

Komputer desktop dan laptop menggunakan kabel UTP agar bisa terhubung dengan modem dan perangkat keras lain seperti printer dan kabel UTP juga juga digunakan pada tingkat server untuk menghubungkan berbagai router dan hub. Baca juga: Pengertian Router dan Fungsinya

Berbeda kabel biasanya dioptimalkan untuk digunakan berbeda, dan mereka dapat datang dalam berbagai ukuran, panjang dan ketebalan sebagai akibatnya.

UTP
Unshielded twisted pair (UTP) adalah jenis yang paling umum dari komputer jaringan kabel digunakan hari ini. Ini terdiri dari empat pasang kabel delapan dan terhubung menggunakan plug RJ-45 yang terlihat seperti sebuah konektor berukuran telepon.

6 Kategori Kabel
Telekomunikasi industri Asosiasi Electronics Industry Association (TIA/EIA), berbasis standar-pengaturan organisasi, membagi kabel UTP menjadi enam kategori, terutama pada kecepatan data dari masing-masing kebel tersebut. Dengan demikian, ada enam kategori jenis kabel jaringan komputer yang diakui oleh internasional.

Kategori 6, adalah kabel yang memiliki kecepatan 1 gigabit per detik, untuk kategori 2 adalah memiliki kecepatan pengiriman data 4 megabit per detik. Kategori 1 disediakan untuk penggunaan telepon dasar.

Kategori 5, 5e, dan 6 adalah varietas yang paling umum ditemukan dan digunakan di rumah dan digunakan untuk jaringan pribadi.

Kategori 6 kabel adalah standar tercepat untuk UTP. Ini berbeda dari Kategori 5e yang lebih baik terhadap kebisingan listrik dan gangguan eksternal, juga dikenal sebagai crosstalk. Baca juga: Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya

Kategori 4 digunakan dalam Token Ring jaringan Namun sekarang sudah jarang digunakan. Kategori 3 masih digunakan dalam beberapa instalasi telepon dan Power over Ethernet (PoE) aplikasi.

Kategori 7 kabel telah diusulkan sebagai standar untuk memungkinkan 10 Gbps transmisi data. Hal ini secara teknis adalah sepasang kabel STP.

Pada November 2010, produsen peralatan memutuskan untuk terus menggunakan steker RJ-45 untuk 10 Gigabit Ethernet.

Itulah Jenis Jenis Kabel Jaringan Komputer yang bisa saya tulis pada kesempatan ini, semoga bermanfaat.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.