Pengertian Buku Digital : Fungsi, Tujuan dan Formatnya

Sabtu, April 15th, 2017 - TIK
Pengertian Buku Digital : Fungsi, Tujuan dan Formatnya – Buku Digital dalam bahasa Inggris E-book adalah singkatan dari Electronic Book atau Buku Elektronik. Pengertian Buku Digital tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang bisa dibuka secara elektronis melalui komputer. Pengertian Buku Digital ini berupa file dengan format bermacam-macam, ada yang berupa pdf (portable document format) yang bisa dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya.
Ada juga yang buku digital dengan bentuk format htm yang bisa dibuka dengan web browsing atau internet eksplorer secara offline. Ada juga yang buku digital berbentuk format exe. Namun, umumnya Buku Digital menggunakan bentuk format pdf. Karena lebih mudah dalam mempergunakannya dan mudah dalam mengolah security.

Seiring berkembangnya dunia digital saat ini, buku digital juga berkembang menjadi suatu produk yang disukai oleh kebanyakan orang. Selain Buku Digital dalam bentuk pdf, kalian juga bisa menjumpai buku digital dalam bentuk exe. Sama hal nyanya seperti Buku Digital berbentuk pdf, Buku Digital dalam bentuk exe ini juga harus kalian installernya. Agar nantinya kalian bisa membaca Buku Digital tersebut.

Dunia Buku Digital saat ini memang menjadi suatu trend dan memudahkan orang-orang penulis untuk bisa menyebarkan luaskan tulisan-tulisannya dengan mudah. Dengan pemikiran teknisnya saja, kalian bisa membayangkan jika Buku Digital tidak memakan biaya yang  besar seperti halnya dengan sebuah buku. Macam-macam tulisan banyak terbisa dalam Buku Digital yang mempunyai berbagai kategori penulisan juga.

6 Format Buku Buku Digital

1. Teks polos
Teks polos adalah format paling sederhana yang bisa dilihat hampir dalam setiap perangkat lunak menggunakan PC. Untuk beberapa devais mobil format bisa dibaca menggunakan perangkat lunak yang harus lebih dahulu diinstal.

2. PDF
Format pdf memberikan kelebihan dalam hal format yang siap untuk dicetak. Bentuknya mirip dengan bentuk buku sebenarnya. Selain itu terbisa pula fitur pencarian, daftar isi, memuat gambar, pranala luar dan juga multimedia. Bagaimanaca cara membuat file Pdf? Silahkan baca pada artikel yang berjudul “Cara membuat file Pdf

3. JPEG
Seperti halnya format gambar lainnya, format JPEG memliki ukuran yang besar dibandingkan informasi teks yang dikandungnya, oleh karena itu format ini umumnya populer bukan untuk buku digital yang memilki banyak teks akan tetapi untuk jenis buku komik atau manga yang proporsinya lebih didominasi oleh gambar.

4. LIT
Format LIT adalah format dari Microsoft Reader yang memungkinkan teks dalam buku digital disesuaikan dengan lebar layar divais mobil yang digunakan untuk mebacanya. Format ini mempunyai kelebihan bentuk huruf yang nyaman untuk dibaca.

5. Docx
Format Docx adalah format dari Microsoft Word yang banyak ditemui sekarang dan tersebar di Internet, format ini  banyak digunakan karena banyaknya pengguna MS Word dan file keluaran yang cukup kecil, selain itu huruf yang lebih variatif membuatnya disukai. Untuk lebih memahami tentang Ms Word. Silahkan baca artikel : Belajar Microsoft Word Lengkap

6. HTML
Dalam format HTML ini gambar dan teks bisa diakomodasi. Layout tulisan dan gambar bisa diatur, akan tetapi hasil dalam layar kadang tidak sesuai apabila dicetak tadi.

Kelebihan dan Manfaat Buku Digital

Ada banyak manfaat dari Buku Digital, antara lain:

a. Ukuran fisik kecil

Karena Buku Digital mempunyai format digital, dia bisa disimpan dalam penyimpanan data seperti harddisk, CD-ROM, DVD dll. dalam format yang kompak. Puluhan, bahkan ratusan, buku digital bisa disimpan dalam sebuah DVD sehingga tidak mengambil banyak tempat (ruangan yang besar).

b. Mudah dibawa

Beberapa buku dalam format Buku Digital bisa dibawa dengan mudah, sementara itu membawa buku dalam format cetak  berat.

c. Tidak lapuk

Buku Digital tidak menjadi lapuk layaknya buku biasa. Format digital dari Buku Digital bisa bertahan sepanjang masa dengan kualitas yang tidak berubah.

d. Mudah diproses

Isi dari Buku Digital bisa dilacak, di-search dengan mudah dan cepat. Hal ini bermanfaat bagi orang yang melakukan studi literatur.

e. Bisa digunakan oleh siapa saja

Buku digital bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bisa membaca, Karena format Buku Digital bisa diproses oleh komputer, maka isi dari Buku Digital bisa dibacakan oleh sebuah komputer dengan menggunakan text to speech synthesizer. Tentunya riset masih dibutuhkan untuk membuat teknologi pembacaan yang bagus. Selain untuk orang buta, pembacaan ini juga bisa digunakan oleh orang yang buta huruf. Selain itu peragaan juga bisa diset dengan menggunakan huruf (font) yang besar bagi orang yang sulit membaca dengan huruf kecil.

f. Penggandaan (duplikasi, copying)

Buku Digital mudah dan murah. Untuk membuat ribuan copy dari Buku Digital bisa dilakukan dengan murah, sementara untuk mencetak ribuan buku membutuhkan biaya yang  mahal.

g. Mudah didistribusikan

Pendistribusian bisa menggunakan media elektronik seperti Internet. Pengiriman  Buku Digital dari Amerika ke Indonesia bisa dilakukan dalam orde waktu menit dan murah. Buku langsung bisa dibaca sekarang juga. Pengiriman buku secara fisik membutuhkan waktu yang lama (harian dan bahkan mingguan) dan mahal. Belum lagi ada masalah buku yang hilang diperjalanan.

Proses distribusi secara elektronik ini memungkinkan adanya perpustakaan elektronik dimana seseorang bisa meminjam buku melalui Internet (check out counter di Internet) dan buku akan dikembalikan setelah masa peminjaman berlalu. Perusahaan Adobe tengah percobaan ini.

Buku digital di Indonesia
Sumber buku digital yang legal di Indonesia, antara lain dirilis oleh Departemen Pendidikan Nasional Depdiknas dibukanya Buku Sekolah Elektronik (BSE). BSE adalah buku digital legal dengan lisensi terbuka yang meliputi buku teks mulai dari tingkatan dasar sampai lanjut. Buku-buku di BSE telah dibeli hak ciptanya oleh pemerintah Indonesia melalui Depdiknas, sehingga bebas didownload, direproduksi, direvisi serta diperjualbelikan tetapi dengan batas atas harga yang telah ditentukan.

 Lebih dari itu, seluruh buku ini telah dinilai dan lolos saringan dari penilai di Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku-buku tersebut bisa dilihat dan didownload di laman http://bse.kemdikbud.go.id/.atau http://puskurbuk.net/web13/.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia juga menyediakan sarana bagi penulis dan publik untuk membuka akses atas berbagai buku digital dengan lisensi terbuka. Sarana ini telah dibuka dengan nama BUKU-e. Selain untuk buku-buku ilmiah, BUKU-e LIPI juga ditujukan untuk buku ‘pembelajaran ilmiah’, seperti diktat, buku teks, dll. Termasuk buku-buku BSE juga di-mirror di BUKU-e LIPI.

Project Gutenberg
adalah layanan buku digital terbesar dan tertua yang mendukung buku digital secara bebas. Saat ini terbisa lebih dari 25.000 buku digital bebas yang bisa ditemukan dalam katalog onlinenya.

arXiv
Yang terbisa di universitas Cornell memberikan akes terbuka terhadap 368.128 referensi elektronik dalam bidang fisika, matematik, sains komputer dan biolog kuantitatif. Beberapa ilmuwan karena peduli dengan penyebaran ilmu pengetahuan yang bebas, menyajikan karyanya dulu di sini sebelum diterbitkan dalam jurnal elektronik bergensi dan berbayar.

The Million Book Project
Adalah proyek sejuta buku yang dikembangkan oleh Universal Library, sebuah perpustaaan digital yang di pelopori oleh Universitas Carnegie Mellon di AS, universitas Zhejiang di China, Institut Sains di India, dan perpustakaan Alexandria di Mesir. didalamnya terdapat referensi dalam 16 bahasa yang koleksi bukunya sudah ada sejak terbitan abad 16.

Terimkasih sudah membaca Pengertian Buku Digital : Fungsi, Tujuan dan Formatnya. Semoga dengan membaca artikel Pengertian Buku Digital : Fungsi, Tujuan dan Formatnya bisa menambah pengetahuan Anda.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.