Pengertian Sistem Operasi Single User dan Multitasking

Jumat, April 7th, 2017 - Sistem Operasi
Pengertian Sistem Operasi Single User dan Multitasking – Masih membahas tentang sistem operasi komputer. Jika kita kategorikan, setidaknya ada dua jenis sistem operasi. Yaitu sistem operasi single user dan multitasking. Nah, pada artikel yang singkat ini kita akan sama-sama membahas┬áPengertian Sistem Operasi Single User dan Multitasking. Namun sebelum membahas pada inti, saya akan ingatkan kepada anda “jangan lupa like dan share artikel ini”.
Sistem operasi single user adalah jenis sistem operasi (OS) yang dikembangkan dan ditujukan untuk digunakan pada komputer atau mesin serupa yang hanya akan memiliki satu pengguna pada waktu tertentu. Sistem operasi single user adalah jenis yang paling umum dari OS yang digunakan pada komputer rumah, dan juga pada komputer di kantor dan lingkungan kerja lainnya.
Setidaknya ada dua jenis umum sistem single user: singgel user system dan multitasking. Meskipun OS ini dapat dihubungkan ke sistem lain melalui jaringan, hal ini masih benar-benar hanya digunakan oleh satu orang dan berbeda dari OS multi-user.

Baca juga : Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi bertanggung jawab untuk menangani beberapa tugas yang berbeda seperti menangani program yang paling penting yang digunakan pada komputer. Mengelola penggunaan memori dan sumber daya lainnya, serta perangkat keras konektivitas dan pelaksanaan aplikasi lain. Ada beberapa jenis sistem operasi, tetapi produk single user adalah yang paling umum.

Sistem operasi Single user adalah satu tugas sistem dikembangkan untuk digunakan dengan komputer atau perangkat elektronik yang hanya akan menjalankan satu aplikasi pada satu waktu. Jenis OS ini biasanya digunakan pada perangkat seperti ponsel dan perangkat pesan dua arah. Sistem operasi single user hanya menjalankan satu program atau aplikasi pada satu waktu, jadi tidak digunakan untuk komputer atau perangkat lain yang menjalankan beberapa program sekaligus.

Multitasking adalah mana sebuah sistem operasi multitasking single user digunakan sebagai gantinya. Sistem operasi Multitasking dapat menjalankan beberapa aplikasi dan program sekaligus. Jadi sistem operasi Multitasking sering digunakan pada komputer yang menjalankan editing program grafis, bermain musik melalui media program bermain, dan mengetik ketik catatan dalam program pengolah kata pada waktu yang sama.

Meskipun jenis sistem operasi dapat terhubung ke komputer lain melalui jaringan, namun masih bisa digunakan oleh satu pengguna. Selama komputer hanya memiliki satu monitor, keyboard dan lain perangkat input, maka itu adalah sebuah sistem single-user.

Itulah penjelasan singkat tentang Pengertian Sistem Operasi Single User dan Multitasking, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan terkait sistem operasi single-user, silahkan berkomentar pada kotak komentar yang telah disediakan.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.