10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8.1, dan 10

Minggu, Mei 21st, 2017 - Tips dan Trik

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8.1, dan 10 –  Apakah laptop Anda menjadi lemot atau mungkin tiba-tiba berhenti beberapa menit? Banyak alasan kenapa laptop yang anda gunakan lemot, lelet seperti siput.

Hal seperti ini bukanlah sesuatu yang perlu anda hawatirkan. Seperti semua masalah laptop atau komputer lainnya, jangan kaget apabila laptop atau komputer Anda melakukan reboot sendiri. Karena Hal ini dapat memperbaiki beberapa masalah dan lebih cepat daripada anda memecahkan masalah secara manual dan memperbaiki masalah sendiri.

Bagaimana 10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8.1, dan 10? Pada artikel ini saya akan memberikan anda 10 cara ampuh mengatasi laptop lemot. Sebelum membahas lebih dalam, saya ingat kan jangan lupa like dan share artikel ini. Yuk kita bangun blog ini agar bisa memberikan manfaat untuk orang lain.

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8.1, dan 10

1. Bersihkan laptop atau komputer Anda dengan Easy Way dengan CleanMyPC

Jika Anda ingin membersihkan laptop atau komputer Anda dengan cara yang mudah, CleanMyPC atau adalah jawabannya. Karena aplikasi ini mampu untuk menyelesaikan masalah anda dengan mudah, dan bahkan akan membuat komputer Anda bersih secara otomatis.

Selain itu aplikasi ini dilengkapi dengan alat hebat seperti Clean Uninstaller yang berguna untuk menyingkirkan aplikasi dan membersihkan sampah yang mereka tinggalkan hanya dengan satu kali klik

2. Cari Program Resource-Hungry

Laptop atau komputer Anda berjalan lambat karena ada sesuatu yang menggunakan sumber daya tersebut. Apabila secara mendadak laptop berjalan lebih lambat, proses pelarian mungkin menggunakan 99% sumber daya CPU Anda, misalnya. Atau ada aplikasi mungkin mengalami kebocoran memori sehingga menggunakan sejumlah besar memori. Dan ini akan menyebabkan laptop atau komputer Anda menukar ke disk.

Untuk mengetahuinya, buka Task Manager. Pada Windows 8, 8.1, dan 10, Task Manager yang baru menyediakan antarmuka yang ditingkatkan sehingga aplikasi kode warna menggunakan banyak sumber daya. Klik pada tab “CPU,” “Memory,” dan “Disk” untuk mengurutkan daftar aplikasi yang menggunakan sumber daya yang paling banyak .

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8.1, dan 10

Task Manager

Jika ada aplikasi yang menggunakan terlalu banyak sumber daya, Anda harus menutupnya dengan normal. Jika tidak bisa, klik pada nama aplikasi tersebut dan klik “End Task” untuk menutup secara paksa.

Baca: 6 Cara membuka task manager

3. Tutup Program system ray
Banyak aplikasi cenderung berjalan di system tray atau area notifikasi. Aplikasi ini sering diluncurkan saat startup dan tetap berjalan di latar belakang namun tetap tersembunyi di balik ikon panah atas di sudut kanan bawah layar Anda. Klik ikon panah atas di dekat system ray, klik kanan aplikasi yang tidak Anda gunakan untuk berjalan di latar belakang, dan tutup untuk membebaskan sumber daya.

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8.1, dan 10

System Tray

Cara yang lebih baik lagi yaitu mencegah aplikasi tersebut diluncurkan pada saat startup. Karena dengan cara ini akan menghemat memori dan siklus CPU, serta mempercepat proses masuk.

Cara nya adalah sebagai berikut:

Pada Windows 8, 8.1, dan 10, tersedia manajer startup di Task Manager yang dapat Anda gunakan untuk mengelola program startup Anda. Klik kanan taskbar dan pilih “Task Manager” atau tekan Ctrl + Shift + Escape untuk meluncurkannya. Klik tab Startup dan nonaktifkan aplikasi startup yang tidak Anda butuhkan. Windows akan dengan mudah memberi tahu Anda aplikasi mana yang memperlambat proses startup Anda paling banyak.

Baca juga: Pengertian Task Manager dan Fungsinya

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8.1, dan 10

Mengurangi Start Up

4. Kurangi Animasi
Windows menggunakan beberapa animasi, dan animasi tersebut bisa membuat laptop atau komputer Anda menjadi lebih lambat. Misalnya, Windows dapat meminimalkan dan memaksimalkan jendela seketika jika Anda menonaktifkan animasi yang terkait.

Untuk menonaktifkan animasi, tekan Windows Key + X atau klik kanan tombol Start dan pilih “System.” Klik “Advanced System Settings” di sebelah kiri dan klik tombol “Settings” di bawah Performance. Pilih “Adjust for best performance” di bawah Visual Effects untuk menonaktifkan semua animasi, atau pilih “Custom” dan nonaktifkan animasi individual yang tidak ingin Anda lihat.

Misalnya, hapus centang “Animate windows when minimizing dan maximizing” untuk menonaktifkan meminimalkan dan memaksimalkan animasi.

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8.1, dan 10

Matikan Animasi

5. Meringankan Browser Web Anda
Saya yakin anda sering menggunakan browser web. Dan jangan salah, laptop anda bisa jadi lambat gara-gara web browser yang anda gunakan. Sebaiknya hapuslah beberapa ekstensi browser, atau add-on, mungkin yang memperlambat browser web Anda dan menyebabkannya menggunakan lebih banyak memori.

Caranya:
Pergilah ke pengelola Ekstensi atau Pengelola addons web Anda dan hapus addons yang tidak Anda butuhkan.

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8.1, dan 10

Hapus Addons

6. Scan untuk Malware dan Adware

Ada juga kemungkinan komputer Anda lambat karena perangkat lunak berbahaya dan berjalan di latar belakang.

Sekarang cobalah untuk lebih sering menscanning komputer Anda dengan program antivirus. Anda juga harus memindainya dengan Malwarebytes, yang banyak menangkap “program yang berpotensi tidak diinginkan” (PUP) yang sebagian besar program antivirus cenderung diabaikan. Program ini mencoba menyelinap ke komputer Anda saat Anda menginstal perangkat lunak lain, dan Anda hampir pasti tidak menginginkannya.

7. Free Up Disk Space

Jika hard drive Anda hampir penuh, komputer Anda mungkin akan terasa lebih lambat. Anda harus menghapus beberapa file komputer Anda.

8. Defragment Hard Disk Anda

Defragmenting hard disk Anda sebenarnya tidak perlu dilakukan pada versi Windows modern. Karena versi terbaru akan secara otomatis akan defragment hard drive mekanik di latar belakang.

9. Uninstall Program yang Tidak Anda Gunakan

Buka Control Panel, cari daftar program yang terinstal, dan uninstall program yang tidak Anda gunakan dan tidak perlu dari PC Anda. Hal ini dapat membantu mempercepat PC Anda, karena program tersebut mungkin mencakup proses latar belakang, entri autostart, layanan sistem, entri menu konteks, dan hal-hal lain yang dapat memperlambat PC Anda. Ini juga akan menghemat ruang pada hard drive Anda dan meningkatkan keamanan sistem – misalnya, Anda pasti tidak menginstal Java jika Anda tidak menggunakannya.

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8.1, dan 10

Uninstall Software

10. Reset PC / Reinstall Windows anda
Jika cara di atas sudah tidak mampu memperbaiki masalah Anda, solusi abadi untuk memperbaiki masalah Windows selain melakukan booting ulang PC Anda, tentu saja dengan cara install ulang laptop.

Pada versi Windows modern, yaitu Windows 8, 8.1, dan 10 lebih mudah untuk mendapatkan instalasi Windows yang baru dari versi sebelumnya. Anda tidak perlu mendapatkan media instalasi Windows dan menginstal ulang Windows.

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8.1, dan 10

Repair

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan fitur “Reset your PC” yang ada di dalam Windows untuk mendapatkan sistem Windows baru yang segar. Cara ini mirip dengan menginstal ulang Windows dan akan menghapus program dan pengaturan sistem yang Anda instal sambil menyimpan file Anda.

Nah, Itulah 10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8.1, dan 10. Semoga bermanfaat. Jangan lupa like dan share artikel ini. Terimakasih.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.