Perbedaan CD-R dan CD-ROM

Rabu, Mei 17th, 2017 - Perangkat Keras

Perbedaan CD-R dan CD-ROM – Kita selalu menggunakan perangkat penyimpanan data untuk menyimpan musik, game, dan informasi atau data lainnya. Dulu pada saya duduk di bangku SD, saya suka membeli kaset kosong di toko elektronik untuk saya gunakan ketika ingin merekam lagu kesukaan saya yang diputar di radio. Sekarang kita melakukannya dengan menggunakan compact disc digital, yang paling umum digunakan adalah CD-R dan CD-ROM.

Jangan lupa baca: Perbedaan CDR dan CDRW

Perbedaan CD-R dan CD-ROM

CD-R (Compact Disc Recordable)
CD-R adalah compact disc yang telah diproduksi sebelumnya dimana data dapat direkam atau dibakar (burn). CD-R pertama kali dikembangkan oleh Philips dan Sony. Sebagian besar CD-R memiliki kapasitas 80 menit namun beberapa dapat berisi data lebih lama. CD-R dapat digunakan sampai ingatan kapasitasnya penuh. CD-R hanya bisa dibaca setelah selesai dan data yang telah dibakar tidak dapat dihapus kembali.

Data disimpan dalam lapisan pewarna khusus dan kemudian dibakar dengan laser menciptakan lubang dan lahan yang bisa dibaca oleh drive CD dan diubah menjadi digital 1s dan 0s.

Data dapat ditulis di CD menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah sebagai berikut:

Disc At Once, dimana data dituliskan di CD dalam satu sesi tanpa celah sehingga menjadikannya CD Read Only.

Track At Once, dimana data ditulis satu per satu dan CD dibiarkan terbuka untuk masukan lebih lanjut.

Writing, dimana data dicatat dalam beberapa sesi yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan data di lain waktu.

CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory)
CD-ROM merupakan akronim dari compact disc read-only memory, adalah sebuah cakram padat dari jenis cakram optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.

CD-ROM tidak bisa ditulis dan tidak bisa dibakar. Setiap data yang tersimpan di dalamnya sudah ditekan ke dalam cakram yang bisa dibaca oleh perangkat digital seperti pemutar CD dan drive PC atau CD-ROM.

CD-ROM digunakan untuk mendistribusikan perangkat lunak komputer, game, dan aplikasi multimedia. Distributor perangkat lunak terutama game computer menggunakan skema perlindungan salinan untuk membatasi jalannya perangkat lunak mereka ke CD-ROM asli saja.

Ringkasan
1. Compact Disc Readable adalah compact disc compact yang telah diproduksi sebelumnya dimana data dapat ditulis dan direkam sementara Compact Disc Read Only Memory adalah compact disc yang diproduksi dengan data yang sudah tersimpan.

2. Data pada Compact Disc Readable hanya dapat dibaca setelah selesai sementara data pada Compact Disc Read Only Memory sudah dapat dibaca saat pembelian.

3. Keduanya bisa dibaca menggunakan perangkat digital namun Compact Disc Readable cocok untuk ukuran kecil sedangkan Compact Disc Read Only Memory cocok untuk ukuran besar.

4. Compact Disc Readable dapat ditulis atau bisa dibakar sementara Compact Disc Read Only Memory tidak bisa.

5. Compact Disc Readable digunakan oleh mereka yang ingin merekam sesuatu. Sementara Compact Disc Read Only Memory digunakan oleh mereka yang menginginkan pra rekaman game atau musik.

Nah, itulah Perbedaan CD-R dan CD-ROM yang bisa saya tulis pada artikel ini. Jika anda ingin bertanya atau ingin menambahkan, silahkan berkomentar pada kotak komentar dibawah ini.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.