Perbedaan CDR dan CDRW

Rabu, Mei 17th, 2017 - Perangkat Keras

Perbedaan CDR dan CDRW – Sebagai pengguna komputer, tentu kita sering menggunakan CDR dan CDRW. Dan sampai sekarang kita masih setia menggunakannya. Bukan hanya satu atau dua saja, di atas rak meja komputer sering bertumpuk CDR atau CDRW dalam wadah khusus yang kita beli di toko komputer.

Sepintas CDR hampir sama dengan CDRW, namun jangan salah. Dari namanya saja sudah berbeda, dan tentu karakteristiknya juga berbeda. Lalu apa perbedaan CDR dan CDRW?. Pada artikel ini kita akan sama-sama membahas tentang perbedaan dari kedua Dics tersebut. Jadi biar tidak gagal focus, biasakanlah membaca artikel sampai selesai. Ok!

Perbedaan CDR dan CDRW

CDR dan CDRW adalah perangakat keras yang berbentuk compact disc yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan informasi atau data. Sekilas, Anda akan sulit sekali mengenali satu dari yang lain tanpa tulisan bagian atasnya. Baca juga: Media Penyimpanan Data

Perbedaan utama antara keduanya adalah usabilitas. Karena CDR hanya bisa ditulis sekali, walaupun Anda tidak perlu menulis ke keseluruhan disk sekaligus. Setelah penuh, Anda hanya bisa membaca data dari CDR tersebut.

Sedangkan CDRW dapat ditulis ulang. Artinya, Anda dapat menghapus informasi yang tersimpan di dalamnya dan menulis data baru kapan pun Anda mau. Hal ini meningkatkan masa pakai disk yang dapat digunakan secara ekstensif karena Anda dapat terus menggunakan kembali disk tersebut.

Keuntungan utama CDR adalah kompatibilitas (bisa digunakan) dengan CD-ROM yang lebih tua. Karena perbedaan materi dengan CDRW, beberapa drive seperti disko dan stereo, mungkin gagal mengenali dan membaca data yang tersimpan dalam CDRW. Namun anda jangan hawatir, karena model yang lebih baru dapat membaca CDR dan CDRW.

Terakhir, biaya dua medium tidak sama. Seperti yang diharapkan, cakram CDRW yang lebih serbaguna lebih pricier daripada disk CDRW. Tapi kecuali jika Anda membelinya dalam jumlah ratusan atau ribuan, perbedaan harga seharusnya tidak menjadi hal yang harus anda pedulikan karena harganya agak murah.

Dalam masalah mentransfer data, CDRW tentu lebih baik dan yang terbaik. Sedangkan CDR lebih hemat biaya untuk back-up jangka panjang. Tapi hari ini, Hal tersebut tidak lagi menjadi masalah. Karena sekarang ada alternatif baru dan lebih baik yaitu DVDR.

Fungsi DVDR sama seperti CDR. Namun dengan kapasitas hingga 8 kali lebih banyak. DVDRW juga memiliki kapasitas lebih banyak daripada CDRW dan flash drive adalah alternatif yang lebih mudah untuk pemindahan file yang cepat dan mudah dari satu komputer ke komputer lainnya.

Ringkasan:
CDR hanya bisa ditulis satu kali sementara CDRW dapat digunakan kembali berulang kali.

CDR menggunakan pewarna sementara CDRW menggunakan logam yang berbeda.

CDR lebih kompatibel dengan perangkat lain sementara CDRW kurang begitu kompatibel.

Cakram CDR harganya lebih murah dari cakram CDRW.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.