Perbedaan DSL dan ADSL beserta Contohnya

Selasa, Mei 16th, 2017 - Internet

Perbedaan DSL dan ADSL beserta Contohnya – Jika anda pengguna Internet dengan menggunakan modem , tentu anda sering melihat atau membaca tulisan DSL dan ADSL. Lalu apa yang di maksud dengan DSL dan ADSL? Dan apa perbedaan DSL dan ADSL? Nah pada postingan ini saya akan mencoba membahasnya satu-persatu. Biar tidak salah focus, biasakanlah membaca artikel di blog ini sampai selesai.

DSL (Digital Subscriber Line) merupakan istilah generik untuk layanan yang menyediakan koneksi internet dengan menggunakan koneksi data digital antara modem dan saluran telepon. Apa kelebihan DSL? Kehebatan DSL adalah anda masih bisa menggunakan jaringan internet meskipun anda sedang melakukan panggilan. Baca juga: Teknologi ADSL pada Internet Speedy

Namun, Satu-satunya masalah adalah ketika Anda berada dekat dengan kantor pusat perusahaan tempat Anda berlangganan, Anda akan memiliki internet yang sangat cepat, namun saat Anda jauh dari kantor pusat mereka, walaupun Anda berada dalam lingkup mereka, Anda akan memiliki Koneksi internet lebih lambat.

Ada berbagai jenis DSL. Ada SDSL, VDSL, dan ADSL.

ADSL singkatan dari Asymmetric Digital Subscriber Line. Jenis layanan ini berarti kecepatan data yang dikirim dikenal sebagai Upstream, dan data yang diterima dikenal sebagai Downstream, kecepatan ADSL tidak selalu sama.

Mereka memiliki kecepatan yang berbeda dan bisa berubah dari waktu ke waktu. Layanan yang paling banyak diminta adalah layanan ADSL. Sehubungan dengan ADSL, penyedia layanan internet menawarkan opsi untuk bandwidth yang lebih tinggi, Downstream, upstream atau keduanya.

ADSL menggunakan modem ADSL khusus, dan filter mikro di saluran telepon pelanggan.

Inilah yang memungkinkan layanan ADSL dan layanan telepon digunakan pada saat bersamaan. Kata ‘asimetris’ pada ADSL sebenarnya adalah Downstream lebih cepat dari pada upstream. ADSL mendukung tingkat hilir 1,5 sampai 9 Mbps, dan tingkat upstream 16 sampai 640 Kbps.

Bila Anda menggunakan ADSL, komputer Anda akan selalu terhubung ke internet, selama power menyala, dan begitu Anda ‘menghidupkan’ komputer Anda, computer Anda akan secara otomatis memiliki koneksi internet, kecuali jika Anda secara manual memutuskan hubungan.

Berbeda dengan dial-up, ADSL dapat melayani berbagai komputer di dalam rumah untuk beberapa anggota secara bersamaan.

Ringkasan:

Perbedaan paling mendasar antara DSL dan ADSL adalah DSL adalah istilah generik untuk layanan Digital Subscriber Line, dan ADSL, atau Asymmetric Digital Subscriber Line, Namun ADSL masih salah satu dari jenis DSL. Ada jenis DSL lainnya, seperti SDSL dan VDSL.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.