Perbedaan Motherboard AMD dan Intel

Selasa, Mei 16th, 2017 - Perangkat Keras

Perbedaan Motherboard AMD dan Intel – Motherboard pada dasarnya adalah tulang punggung sistem komputer. Motherboard tidak hanya memberikan dukungan mekanik untuk penempatan berbagai komponen seperti prosesor, memori, kartu ekspansi, dan sejenisnya. Namun Motherboard juga menyediakan jalur listrik sehingga komponen-komponen tersebut bisa berkomunikasi.

Setelah kita membahas tentang perbedaan Motherboard ATX dan BTX, pada postingan ini saya akan membahas tentang perbedaan antara Motherboard AMD dan Intel. Penasaran apa bedanya motherboard AMD dan Intel? Yuk biasakan membaca artikel di pintarkomputer.org sampai selesai (biar gak salah focus :D)

Satu-satunya perbedaan antara motherboard AMD dan Intel adalah keduanya tidak menerima prosesor yang sama; Motherboard AMD tidak akan bekerja dengan prosesor Intel begitu juga processor AMD tidak akan bekerja pada Motherboard Intel.

Perbedaan Motherboard AMD dan Intel

Perbedaan Motherboard AMD dan Intel

Hal ini disebabkan oleh perbedaan cara antara AMD dan Intel dalam menerapkan fitur dan kemampuan. Karena kita tahu bahwa AMD dan Intel terus bersaing untuk merebutkan posisi yang terbaik dan mencuri hati para penggunanya.

Perang prosesor ini berdampak pada ketidak-kompitabel-an antara AMD dan Intel. Bukan hanya prosesor dari perusahaan lain yang tidak sesuai dengan motherboard. Ada juga jenis socket yang sengaja di bedakan. Motherboard dibuat dengan memiliki jenis soket tertentu. Bahkan jika prosesor berasal dari AMD bisa jadi tidak akan sesuai dengan motherboard AMD jika tidak memiliki tipe soket yang sama. Ini berlaku juga untuk Motherboard intel.

Namun ketidaksesuaian tersebut hanyalah pada prosesor, pada komponen lain seperti memori, hard drive, kartu grafis dan lain-lain keduanya hampir sama. Teknologi komputer dengan cepat bergerak menuju standarisasi komponen, sehingga mereka menggunakan slot yang sama. Meski komponen lama mungkin tidak bisa lagi digunakan karena menggunakan slot usang, masalah ini tidak lagi menjadi masalah dengan motherboard yang menjadi Intel atau motherboard AMD.

Fitur lain dari motherboard, seperti jumlah RAM yang dapat menampung atau jumlah port SATA yang dimilikinya, sangat bergantung pada desain dan harga dari berbagai perusahaan manufaktur. Jelas, Anda harus mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk memiliki lebih banyak slot.

Pembuat motherboard tidak membuat motherboard secara khusus untuk prosesor tertentu. Sehingga apabila anda membeli processor ke toko komputer, Anda tidak harus menanyakan kepada penjaga toko apakah processor tersebut untuk motherboard AMD atau Intel? Tapi saya sarankan anda untuk mencari tahu jenis dari soketnya. Sebagai contoh, motherboard dengan soket LGA 1156 dan LGA 1366 adalah motherboard Intel sedangkan motherboard dengan soket AM2 dan AM3 adalah motherboard AMD.

Ringkasan:
Motherboard AMD hanya menerima prosesor AMD sementara motherboard Intel hanya menggunakan prosesor Intel.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.