Perbedaan Motherboard AT dengan ATX

Sabtu, Mei 13th, 2017 - Uncategorized

Perbedaan Motherboard AT dengan ATX – Motherboard adalah bagian integral dalam komputer karena disana lah semua komponen dilekatkan. Ada banyak standar untuk motherboard dan kasing komputer. Standar yang paling menonjol adalah Motherboard AT dengan ATX.

Motherboard yang banyak ditemui dipasaran sekarang ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM. Namun ada juga motherboard ATX yang dibuat oleh Intel. Dirasa Motherboard AT sudah sangat tua, maka Intel mengeluarkan Motherboard ATX.

Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard dan komponen utama dari sebuah komputer, karena pada Motherboard lah semua komponen komputer anda akan diletakan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard menghubungkan semua komponen komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan benar dan lancar.

Jika pada postingan sebelumnya kita membahas perbedaan Motherboard ATX dan BTX, maka pada artikel ini kita akan membahas perbedaan Motherboard AT dan ATX. Pengen tahu perbedaan antara keduanya? Yuk baca sampai selesai.

Perbedaan Motherboard AT dengan ATX

Motherboard AT adalah standar yang sangat tua yang diciptakan oleh IBM untuk komputer mereka sendiri. Sedangkan ATX dikembangkan oleh Intel untuk mengatasi beberapa kekurangan standar AT yang membuatnya tidak sesuai dengan tuntutan PC yang beragam.

Ukuran Motherboard
Dilihat dari ukuran, Motherboard AT jauh lebih besar dibanding dengan Motherboard ATX. Dan kelemahan dari Motherboard AT adalah hanya memiliki jumlah konektor paling minimal untuk menjaga kompatibilitas dengan kasing AT.

Jika Anda menyukai lebih banyak konektor, Anda perlu menambahkan flying leads ke slot ekspansi yang tidak terpakai. Sedangkn Kasing ATX memungkinkan produsen memproduksi backplate custom mereka sendiri agar sesuai dengan motherboard mereka.

Ringkasan:
1. AT adalah standar lama yang sudah lama diganti oleh ATX
2. Motherboard AT lebih lebar dibanding ATX
3. Motherboard ATX memungkinkan board maker untuk menyesuaikan port di belakang dengan backplates yang tidak ada di Motherboard AT
4. AT komputer memiliki saklar daya yang terhubung langsung ke power supply saat berada di sistem ATX, saklar terhubung ke motherboard.
5. Motherboard AT di buat oleh IBM, sedangkan Motherboard ATX di buat oleh Intel.

Itulah perbedaan Motherboard AT dengan ATX yang bisa saya paparkan. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar pada kotak komentar dibawah.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.