Perbedaan Motherboard ATX dan BTX

Sabtu, Mei 13th, 2017 - Perangkat Keras

Perbedaan Motherboard ATX dan BTX – Advanced Technology Extended atau yang lebih dikenal dengan ATX, adalah model yang paling populer untuk kasing desktop dan motherboard. ATX adalah standar yang diperkenalkan oleh Intel sebagai pengganti desain AT yang sudah tua. Hampir sepuluh tahun setelah diperkenalkannya ATX, Intel juga memperkenalkan Balanced Technology Extended atau BTX.

Alasan utama Intel untuk pengenalan Motherboard BTX adalah untuk mengatasi masalah pemanasan yang dihadapi oleh prosesor terbarunya pada saat itu.

Baca juga: Pengertian Motherboard dan Fungsinya

Motherboard BTX berfokus pada memaksimalkan pendinginan prosesor dengan menghasilkan aliran udara yang lebih banyak dan mengurangi jumlah hambatan.

Untuk mencapai tujuan pendinginan Motherboard BTX, Intel menciptakan skema baru untuk lokasi komponen pada motherboard, sehingga tidak menghalangi aliran udara. Contoh terbesar dari modul ini adalah modul memori, karena disejajarkan secara vertikal pada Motherboard ATX, dan secara horisontal pada Motherboard BTX.

Lokasi prosesor juga telah dipindahkan ke bagian depan papan, di mana corong udara khusus dapat menarik udara dari depan kotak dan meniupnya langsung ke prosesor.

Lokasi slot add-on dan port I / O dalam faktor bentuk BTX telah dipindahkan. Port dan slotnya sekarang telah dibalik, karena portnya dapat ditemukan di bagian bawah papan, sementara slotnya sekarang terletak di atas. Semua ini masih sejalan dengan upaya untuk meningkatkan aliran udara dalam kasus ini.

Meskipun BTX lebih unggul dari Motherboard ATX dalam hal pendinginan, namun masih banyak pengguna lebih nyaman menggunakan motherboard  ATX dan faktanya bahwa motherboard BTX tidak kompatibel dan juga memperparah masalah bahkan lebih.

Sebagian besar komputer saat ini masih menggunakan ATX, sedangkan papan dan kasing BTX yang kompatibel sangat jarang disamping itu harganya mahal.

Intel juga memfokuskan diri pada CPU dengan daya rendah yang menghasilkan panas lebih sedikit, sehingga penerapan BTX sangat tidak mungkin terjadi.

Ringkasan:
1. BTX adalah standar yang lebih baru, dan merupakan penerus yang diinginkan untuk ATX.
2. BTX lebih berfokus pada aliran udara daripada ATX.
3. BTX membutuhkan pengaturan komponen motherboard tertentu untuk memaksimalkan pendinginan, sedangkan ATX tidak.
4. Port IO pada motherboard BTX terletak di bagian bawah, saat berada di atas Motherboard ATX.
5. ATX masih merupakan standar yang meluas dan kasing Motherboard BTX jarang ditemukan di komputer desktop.

Itulah perbedaan Perbedaan Motherboard ATX dan BTX. Semoga bermanfaat.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.