Perbedaan Notebook dan Netbook beserta Fungsinya

Jumat, Mei 12th, 2017 - TIK

Perbedaan Notebook dan Netbook beserta Fungsinya – Notebook vs Netbook.  Sejak penciptaan laptop, komputer semakin kecil dan kecil. Notebook pada dasarnya adalah laptop yang terletak di antara pengganti desktop besar dan ultraportables. Tambahan yang lebih baru untuk keluarganya adalah netbook, dan perbedaan utamanya dari notebook adalah ukurannya yang sangat kecil.

Netbook super ringan, super murah, dan mudah dibawa. Notebook lebih besar, lebih mahal namun memiliki performa yang jauh lebih baik.

Berikut ini akan saya bahas tentang perbedaan notebook dan netbook beserta fungsinya yang wajib anda ketahui untuk dapat mengambil pilihan yang cerdas dan hemat biaya.

Perbedaan Notebook dan Netbook beserta Fungsinya

Netbook
Dengan ukuran layar sebesar 12 inci bahkan kurang. Netbook dapat digunakan pada saat bepergian. Bhakan dengan kurang dari 2 kilogram membuat netbook dapat dengan mudah masuk ke dalam ransel atau tas Anda, atau bahkan dapat dengan mudah ditenteng dengan satu tangan.

Ukuran Netbook lebih kecil, dan lebih cocok untuk penggunaan berbasis web, karena biasanya tidak tersedia drive CD atau DVD. Prosesor di dalamnya hemat energi dan efisien daya, oleh karena itu biasanya hanya mampu menjalankan lebih sedikit aplikasi yang dibuka secara bersamaan.

Jika gaya hidup Anda mengandalkan web, seperti negblog misalnya, atau mungkin membuat skripsi atau hanya sebagai hiburan, netbook adalah pilihan yang tepat. Lebih sedikit perangkat keras berarti konsumsi daya lebih sedikit, jadi umur baterai pemakaian baterai yang lebih lama, tahan hingga dua belas jam tanpa diisi ulang daya.

Notebook
Ukuran Notebook lebih besar, dengan keyboard dan layar yang lebih lebar, drive DVD internal, dan fitur komputasi lebih lengkap. Beratnya bisa lebih dari 2 kilogram, notebook didesain untuk mengedit file video super besar, membuat grafis, atau mengelola perpustakaan musik berukuran besar. Ingat, dengan teknologi yang lebih canggih, maka memerlukan lebih banyak kekuatan dan membutuhkan lebih banyak listrik untuk menyuplai daya.

Hard drive notebook yang lebih besar, lebih kuat dan lebih cepat, mampu menyimpan sejumlah besar konten sekaligus mudah menjalankan program-program dengan data berukuran besar. Jika Anda memprioritaskan kekuatan daripada kenyamanan, maka notebook menjadi pilihan yang lebih tepat.

Notebook dan Netbook Sama-sama Kecil

Kecil bukan berarti baik atau buruk. Di satu sisi, Anda dapat dengan mudah membawa Netbook kemana saja tanpa ribet. Ssementara di sisi lain, layarnya kecil dan keyboardnya yang sempit akan membuat anda repot dan anda pasti tidak akan puas dengan ukuran layar sekecil itu. Salah satu masalah utama dengan layar kecil adalah resolusi rendah. Kebanyakan netbook memiliki resolusi 1024×600. Standar saat ini untuk situs online adalah 1024 × 768. Ini berarti bahwa situs tertentu mungkin tidak muncul secara penuh.

Fungsi notebook dan netbook adalah sama. Sama-sama bisa digunakan untuk mengetik, browsing internet, menyimpan file, dan beberapa fungsi seperti laptop. Namun karena netbook memiliki banyak keterbatasan, maka ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan seperti mengedit photo menggunakan Photoshop atau CorelDraw dan mengedit Video menggunakan Camtasia atau aplikasi lainnya yang membutuhkan resolusi tinggi dan memori tinggi.

Selain dimensi fisik, netbook juga kalah dengan notebook ketika membandingkan dengan perangkat keras. Baca lebih dalam “Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya“. Notebook biasanya memiliki prosesor yang ditujukan untuk komputer desktop sementara netbook menggunakan prosesor versi ‘mobile’. Namun Prosesor netbook mengkonsumsi lebih sedikit daya dan menghasilkan lebih sedikit panas dengan mengorbankan daya pemrosesan. Netbook juga memiliki kekurangan optical drive yang paling mungkin untuk mengurangi ukuran dan biaya unit. Ada drive eksternal yang bisa Anda beli secara terpisah dan terhubung melalui port USB.

Keuntungan utama netbook yang sudah disebutkan sebelumnya adalah konsumsi daya rendah. netbook memiliki 6-sel baterai yang bisa digunakan selama 7 atau 8 jam dengan sekali charge. Berarti, netbook memilik 3 kali kapasitas 2-3 jam dari kebanyakan notebook. Ini juga sangat berguna ketika anda sedang bepergian jauh dengan mengendarai kapal atau mobil.

Terakhir, adalah harganya. Pertama yang dilihat oleh mayoritas orang Indonesia adaah HARGA! netbook jauh lebih murah daripada notebook. Harga Notebook biasa dua kali lipat dari hatga netbook. Jadi, jika anda merasa nyaman dengan ukuran sekecil itu, dan kebutuhan anda Cuma browsing internet dan menyimpan beberapa file data, saya sarankan anda membeli Netbook saja.

Ringkasan:
1. Ukuran netbook jauh lebih kecil dari notebook.
2. Netbook memiliki spesifikasi jauh lebih rendah daripada notebook.
4. Netbook mengkonsumsi lebih sedikit daya daripada notebook.
5. Netbook lebih murah dari pada notebook.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.