Perbedaan NVIDIA GeForce dan ATI Radeon

Sabtu, Mei 13th, 2017 - Perangkat Keras

Perbedaan NVIDIA GeForce dan ATI Radeon – Terjadi perdebatan diantara beberapa pengguna komputer, terlebih para gamer yang suka mengeluh dengan kartu VGA yang mereka miliki . Tidak sedikit dari mereka lebih memilih menggunakan kartu VGA dari NVIDIA dari pada harus ATI. Dan ada juga yang memilih bertahan dan terus menggunakan ATI sebagai kartu gratisnya.

Oke… Hari ini kita tidak akan berdebat tentang mana yang lebih baik antara NVIDIA dan ATI. Karena saya merasa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. NVIDIA mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki ATI. Begitu juga ATI memiliki keunggulan yang tidak di miliki NVIDIA.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang perbedaan NVIDIA GeForce dan ATI Radeon, kita akan bahas dulu tentang VGA. VGA adalah singkatan dari Video Graphics Adapter. perangkat keras komputer yang satu ini berfungsi untuk menampilkan sebuah grafis yang diperintahkan oleh sistem. Semakin berat tugas yang harus ditampilkan, maka kemampuan dari sebuah VGA harus lebih tinggi.

Perbedaan NVIDIA GeForce dan ATI Radeon

Sekarang mari kita bahas satu-satu …

NVIDIA
NVIDIA adalah salah satu perusahaan multinasional ternama yang berbasis di Santa Clara di California, yang mengkhususkan diri dalam pengembangan teknologi chipset dan unit pemrosesan grafis untuk digunakan di stasiun kerja, perangkat seluler dan komputer pribadi.

Di sisi lain ATI Technologies Inc. yang biasa dikenal sebagai ATI adalah perancang dan pemasok utama dari Kanada yang berurusan dengan chipset motherboard dan unit pemrosesan grafis.

NVIDIA telah memantapkan dirinya sebagai salah satu pemasok utama IC atau sirkuit terpadu termasuk Graphics Processing Unit (GPU) bersama chipset untuk kartu grafis, motherboard PC dan konsol permainan video.
Sedangkan ATI menjadi Advanced Micro Devices Graphics Product Group pada tahun 2006.

NVIDIA dan ATI adalah bersaing ketat dengan memproduksi kartu grafis. GeForce NVIDIA adalah pesaing langsung rangkaian kartu grafis Radeon yang diproduksi oleh ATI.

Berikut adalah daftar beberapa produk NVIDIA.

Chipset grafis
– NV1, gambar produk pertama di atas permukaan kuadrat
– RIVA TNT2, RIVA TNT: Dukungan OpenGL 1(Merk paling sukses yang belum pernah ada sebelumnya), mendukung DirectX 6
– Nvidia GeForce: Merupakan percepatan-solusi untuk grafis desktop.
– RIVA 128 dan RIVA 128ZX: dukungan DirectX 5, dukungan OpenGL 1.

Chipset motherboard
– Seri nForce
– NForce3 (AMD Athlon 64 / Athlon 64 FX / Opteron, hanya MCP)
– NForce (garis Duron K7 atau AMD Athlon)
– NForce2 (jalur Duron K7 / AMD Athlon), IGP (Platform Grafis Terpadu) atau SPP (prosesor platform sistem) dan MCP (Prosesor Media dan Komunikasi yang selain fitur SoundStorm)

Berikut adalah daftar beberapa produk ATI yang terkenal dan banyak digunakan oleh para pecinta game.

Chipset grafis komputer
– Seri Rage
– Mobilitas Rage
– Seri Radeon
– Solusi Grafis
– EGA / VGA
– Seri Mach
– FireMV
– FirePro
– Mobilitas Radeon
– ATI CrossFire
– FireGL

Platform komputer pribadi dan chipset
– IGP 3 × 0, Mobilitas Radeon 7000 IGP
– Xpress 3200
– Chipset AMD 580X CrossFire
– 690G, Xpress 1250
– Seri chipset AMD 700
– 9100 IGP
– Xpress 200 / 200P

Kartu NVIDIA GeForce 4 FX 5600 saat ini belum diproduksi. Hanya orang-orang yang benar-benar ahli teknologi dapat membelinya dengan harga $ 160. Jika performa yang superior diharapkan GeForce FX 5700 Ultra merupakan pilihan yang lebih baik. Tepat dalam persaingan dengan produk ini adalah kartu seri Radeon 9800 yang merupakan seri terbaru memiliki 8 piksel interpretasi, antarmuka memori 256-bit, dan 2,6 sampai 3,3 Gpixels / detik.

Kesimpulan:
1. NVIDIA mengkhususkan diri dalam pengembangan teknologi chipset dan unit pemrosesan grafis sedangkan ATI adalah perancang dan pemasok motherboard chipset dan unit pemrosesan grafis.
2. NVIDIA adalah merek Amerika dari Santa Clara, California sedangkan ATI adalah perusahaan Kanada, keduanya merupakan pesaing pasar di bidangnya.
3. NVIDIA memasok IC, GPU, dan chipset untuk kartu grafis, motherboard komputer pribadi dan konsol video game. Sedangkan ATI adalah perusahaan semi konduktor untuk penelitian in-house, pengembangan dan outsourcing produk manufaktur.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.