Perbedaan Prosesor AMD dan Intel Celeron

Jumat, Mei 19th, 2017 - Perangkat Keras

Perbedaan Prosesor AMD dan Intel Celeron – Prosesornya adalah perangkat berteknologi tinggi dan memiliki bisnis yang besar. Dua raksasa industri yaitu AMD (Advanced Micro Devices) inc. Dan Intel Corporation selalu bersaing dalam pembuatan Prosesor. Lalu apa perbedaan Prosesor AMD dan Intel Celeron?

Nah, pada artikel ini saya akan membahas perbedaan prosesor AMD dan Intel Celeron. Baca sampai selesai artikel ini biar tidak gagal fokus!

Perbedaan Prosesor AMD dan Intel Celeron

AMD dan Intel adalah dua produsen terkemuka mikroprosesor komputer dan pembeli pasti mendapat keuntungan dari kompetisi ini.

Perbedaan Prosesor AMD dan Intel Celeron

Perbedaan Prosesor AMD dan Intel Celeron

Salah satu manfaat utamanya adalah pengembangan jajaran prosesor low end terutama pengenalan merek Celeron dari Intel. Celeron telah digunakan oleh Intel untuk beberapa rentang CPU x86 yang berbeda. Intel Celeron ditargetkan pada pengguna komputer pribadi.

Hal itu dipresentasikan pada saat bersamaan Pentium II keluar. Intel Celeron sebenarnya hampir sama dengan Pentium II. Namun, dengan dua perbedaan utama dari sepupunya yang high end: Celeron memiliki cache memory yang lebih kecil dan kecepatan bus yang lebih lambat.

Baca juga: Pengertian Cache Memory dan Fungsinya

Istilah lebih sederhananya Celeron adalah Prosesor dari jajaran merek Intel yang prosesornya lebih murah. Intel Celeron biasanya didasarkan pada prosesor Intel akhir yang lebih tinggi seperti Pentium III, Pentium 4, Pentium M, dan Core 2 Duo. Jadi intinya, Celerons hanya menyederhanakan prosesor high end dengan cara mengurangi atau mengapus beberapa fitur.

Sebagai perusahaan pesaing Intel, AMD berusaha mengejar ketinggalan dan terkadang AMD mendahului Intel dalam berbagai produk. AMD seperti Intel, memproduksi dan membuat perkembangan di banyak perangkat seperti prosesor grafis dan chipset, namun kompetitif utama adalah pembuatan CPU atau prosesor. AMD adalah salah satu pemasok utama mikroprosesor global berdasarkan arsitektur x86 bersama dengan Intel Corporation.

Dengan di ciptakannya AMD Athlon, popularitas AMD melonjak lebih tinggi dan benar-benar memantapkan dirinya sebagai pesaing utama di industri ini.

Akhir-akhir ini, AMD menciptakan produk baru untuk pasar akhir yang lebih rendah. Mereka membuat prosesor dengan sedikit cache dan kecepatan bus lebih lambat sekaligus memiliki harga lebih murah dan lebih praktis.

Gelombang pertama dari AMD adalah AMD Duron dan kemudian digantikan oleh AMD Sempron. Duron dan Sempron sama seperti Intel Celeron dengan cara yang mereka tawarkan “lebih banyak bang for the buck” untuk pengguna komputer.

Anda bisa mengatakan bahwa jawaban AMD terhadap Celeron Intel adalah Duron dan Sempron. Namun, pada intinya, Intel sebagai pemasok prosesor terkemuka di akhir tahun 90an sangat terganggu oleh hilangnya pasar low-end di mana AMD berkembang secara khusus dengan prosesor K6-nya.

Ringkasan:

1. AMD adalah perusahaan semikonduktor yang memproduksi berbagai perangkat dimana prosesor merupakan produk intinya. Celeron, di sisi lain adalah merek Intel dari prosesor akhir yang lebih rendah.
2. Jawaban AMD terhadap Celeron adalah jajaran prosesor Duron dan Sempron.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.