Perbedaan Slot PCI dan PCI Express

Sabtu, Mei 13th, 2017 - Perangkat Keras

Perbedaan Slot PCI dan PCI Express – Interkoneksi komponen periferal atau yang lebih umum dikenal sebagai Slot PCI adalah bus yang didesain khusus untuk menangani beberapa perangkat keras komputer. Perangkat seperti kartu suara, modem, NIC, TV Tuner, dan beberapa kartu video pada beberapa titik telah menggunakan port PCI.

Slot PCI hadir untuk menggantikan slot ISA yang tergolong lamban. Slot PCI muncul sekitar tahun 1992 dan masih digunakan sampai sekarang. Versi terbaru dari Slot PCI adalah Slot PCI express dan memiliki kelebihan dari kecepatan.

Artikel kita saat ini akan membahas Perbedaan Slot PCI dan PCI Express. Penasaran apa perbedaan dari slot PCI dan PCI Express? Yuk baca sampai selesai . . .

Perbedaan Slot PCI dan PCI Express

Perbedaan yang paling mendasar dari slot PCI dan PCI Express adalah dari antarmuka. Slot PCI Express menggunakan antarmuka serial, sedangkan slot PCI menggunakan antarmuka paralel. Slot PCI Express juga menggunakan bus individu untuk masing-masing perangkat yang terhubung dengannya.

Perbedaan slot PCI dan PCI Express

Perbedaan slot PCI dan PCI Express

Jika kita bandingkan kecepatan antara slot PCI dan slot PCI Express, slot PCI Express jauh lebih cepat. Karena slot PCI standar hanya berkecepatan 133MBps sedangkan slot PCI Express berkecepatan 16GBps.

Penggunaan yang paling umum untuk slot PCI Express saat ini adalah dengan kartu grafis yang sangat menguntungkan dari bandwidth besar yang disediakan oleh antarmuka. Slot PCI Express telah benar-benar mengganti standar lain yang disebut AGP yang khusus ditujukan untuk kartu grafis.

Slot PCI Express tidak dimaksudkan untuk berjalan dengan kecepatan penuh untuk semua perangkat karena kebanyakan perangkat tidak terlalu membutuhkan kecepatan untuk beroperasi dengan benar.

Kecepatan dikategorikan oleh jalur, masing-masing dengan sendirinya dan menerima jalur. Setiap jalur dapat menyediakan maksimal 1GB / s, sehingga memberikan slot 16 jalur maksimal 16GB / s, perangkat yang lebih lambat dikategorikan dengan jumlah jalur yang mereka gunakan dari 1 sampai 16.

Tidak seperti slot PCI yang ukurannya sama untuk semua perangkat, slot PCI Express memiliki ukuran yang berbeda tergantung pada faktor bentuk yang diterima. Yang terpanjang adalah slot 16 jalur, yang terpendek adalah untuk perangkat x1.

Meskipun slot PCI Express lebih unggul dibandingkan slot PCI, Namun masih banyak perangkat yang dibuat untuk slot PCI, karena kesederhanaan slot PCI dan kenyataan bahwa sebagian besar perangkat tidak terlalu membutuhkan keunggulan kecepatan yang signifikan.

Kesimpuan
1. Slot PCI Express jauh lebih cepat dibandingkan slot PCI.
2. Slot PCI Express menggunakan antarmuka serial sedangkan slot PCI menggunakan antarmuka paralel.
3. Kecepatan Slot PCI Express dikelompokkan ke dalam jalur, masing-masing mampu mengirimkan hingga 1GB /s transfer data.
4. Slot PCI distandarisasi sementara Slot PCIe bervariasi, tergantung pada jumlah jalur slot yang diinginkan.
5. Meskipun slot PCI Express lebih bagus daripada slot PCI, namun kebanyakan produsen masih menggunakan standar slot PCI untuk perangkat mereka.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.