Pengertian Proxy Server dan Fungsinya serta Cara Kerjanya

Selasa, Juni 27th, 2017 - Uncategorized

Pengertian Proxy Server dan Fungsinya Serta Cara Kerjanya – Proxy Server adalah komputer yang berada di antara klien dan server untuk mencegat permintaan. Banyak sekali kegunaan dari Proxy Server, namun yang paling umum adalah mempercepat lalu lintas jaringan dengan cara menyimpan halaman atau file yang sering diminta.

Dengan demikian, server bisa mengantarkan permintaan dengan cepat dan akan mengurangi beban server.

Cara kerja Proxy Server
Saat Proxy Server menerima permintaan sumber daya Internet (seperti halaman Web), Proxy Server tersebut mencari cache lokal dari halaman sebelumnya. Jika menemukan halaman tersebut, Proxy Server akan mengembalikannya ke pengguna tanpa perlu meneruskan permintaan ke Internet.

Jika halaman yang diminta tidak berada dalam cache, Proxy Server bertindak sebagai klien atas nama pengguna, menggunakan salah satu alamat IP nya sendiri untuk meminta halaman tersebut keluar dari server di Internet.

Saat halaman dikembalikan, Proxy Server menghubungkannya dengan permintaan asli dan meneruskannya ke pengguna.

Manfaat Proxy Server
Proxy Server bisa digunakan untuk tujuan legal dan ilegal. Di perusahaan, Proxy Server digunakan untuk menjaga keamanan, administrasi kontrol atau layanan caching . Dalam konteks komputasi personal (computer pribadi), Proxy Server digunakan untuk privasi pengguna dan anonim ketika berselancar di internet. Proxy Server juga dapat digunakan untuk tujuan yang berlawanan: seperti memantau lalu lintas dan melemahkan privasi pengguna.

Fungsi Proxy
1. Gateway
Gateway yaitu jembatan antara jaringan publik dan jaringan lokal. Di dalamnya dimungkinkan terjadi translasi IP Address Public yang disebut NAT (Network Address Translation) berfungsi untuk membagikan sumberdaya dari Internet.

Sehingga semua komputer client yang ada dalam sebuah jaringan LAN (Local Area Network) dapat menikmati akses internet secara bersama-sama dalam waktu yang sama pula cukup dengan menggunakan 1 buah IP Address Public. Namun dalam hal proteksi yang lebih baik, biasanya Gateway ini dibuat tersendiri seperti menggunakan router, modem dll.

Baca juga: Pengertian Router dan Fungsinya

2. Firewall
Firewall berfungsi untuk keamanan jaringan. Fungsi ini dapat membatasi dan mencegah terjadinya beberapa akses yang tidak diinginkan terhadap sumber daya yang ada di internet baik oleh pihak client maupun oleh pihak luar yang tidak diketahui.

Contohnya seperti memblokir akses dari jaringan internet pada beberapa port tertentu atau mencegah client mengakses situs-situs yang berbahaya bagi komputer dan jaringan lokal, seperti virus, trojan, serangan hacker dll.

3. Bandwith Management
Bandwith Management berfungsi untuk membuat peraturan dalam mengelola konten dan kecepatan akses terhadap sumber daya internet yang diberlakukan bagi client dalam jaringan lokalnya. Hal ini terkait pula dengan metode caching yang dilakukan sebuah server proxy pada umumnya.

4. IP Address/Group and User Access Management
fungsi ini merupakan fitur yang cukup penting untuk mengelola hak kepada pengguna/komputer/group/IP Address yang bisa mengakses jaringan luar/internet.

5. Content Filtering
Fitur ini berupa aturan yang akan menyaring setiap informasi atau konten yang diminta oleh client agar tidak terlalu bebas dan dapat merusak serta meminimalisir dampak negatif dari konten tersebut.

6. Transparent proxy dn Non-transparent proxy
Yaitu sebuah metode dimana client yang ada dalam jaringan, tidak perlu melakukan konfigurasi (transparent) untuk bisa mengakses aturan dari server proxy tersebut. Akan tetapi , Proxy Server yang langsung melakukan broadcast terhadap siapapun yang telah memiliki akses ke internet untuk ‘dipaksa’ melewati Proxy Server terlebih dahulu.

Sementara Non-transparent proxy adalah kebalikan dari tranparent dimana setiap client yang akan terhubung dikenakan aturan proxy. maka pada setiap aplikasi seperti internet Browser, FTP Client dll. yang menuju internet harus dikonfigurasi agar terhubung ke Proxy Server tersebut.

Baca juga: Pengertian FTP dan Fungsinya

7. VPN Server dan VPN Tunnel

VPN adalah singkatan dari (Virtual Private Network) atau jaringan pribadi, yang merupakan cara agar pengguna disuatu tempat dapat mengakses komputer server ditempat lainnya melalui media public seperti internet.

Dengan adanya VPN, anda dapat terhubung dengan IP Address local, sehingga komunikasi yang terjadi, layaknya dalam sebuah jaringan local biasa (LAN). Namun media yang digunakan adalah media public seperti internet.

Baca juga: 10 VPN Gratis Terbaik Tercepat 2017

Jenis Jenis Proxy
1. Proxy transparan
Transparent proxy adalah fasilitas dimana router atau proxy akan melakukan forward port. kita ambil contoh seperti ini, hampir setiap proxy server mempunyai port sendiri yang dapat diatur oleh kita sendiri, contohnya 3128, tentunya setiap client yang terhubung ke proxy server harus melakukan konfigurasi port di mesin client itu sendiri.

Akan terasa repot jika client yang terhubung itu banyak sekali. Oleh karena itu, Transparent akan melakukannya secara otomatis, dimana port 80 (port standar WWW) akan di redirect secara otomatis oleh transparent proxy tadi.

2. Proxy anonim
Proxi anonim menyembunyikan alamat IP dari klien yang menggunakannya memungkinkan untuk mengakses materi yang diblokir oleh firewall atau untuk menghindari larangan alamat IP. Proxy ini dapat digunakan untuk meningkatkan privasi dan perlindungan dari serangan.

3. Highly anonymous proxies
bukan hanya menyembunyikan alamat IP klien yang menggunakannya, Highly anonymous proxies juga akan mengizinkan akses ke situs yang mungkin memblokir Proxy Server. Contoh proxy yang sangat anonim termasuk I2P dan TOR .

5. Proxy Socks 4 dan 5
menyediakan layanan proxy untuk data UDP dan DNS mencari operasi selain lalu lintas Web. Beberapa Proxy Server menawarkan protokol Socks.

6. DNS proxy
meneruskan permintaan nama domain (DNS) dari LAN ke server DNS Internet saat caching untuk kecepatan yang lebih tinggi.

 

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.