Pengertian Router Nirkabel dan Fungsinya

Selasa, Juni 27th, 2017 - Perangkat Keras

Pengertian Router Nirkabel dan Fungsinya – Ketika kita membahas tentang router nirkabel, akan sangat sulit dipahami tanpa contoh-contoh yang jelas. Dan sebenarnya apa yang membuat router nirkabel berbeda dengan router biasa? Pertanyaan diatas sangat sering kita jumpai di berbagai forum internet.

Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas secara jelas tentang pengertian router nirkabel beserta contohnya. Namun, sebelum kita membahasnya lebih dalam. Saya ingatkan jangan lupa “Like dan Share” artikel ini. Yuk kita sama-sama bangun blog ini agar memberikan manfaat kepada banyak orang. Sekaligus dengan memberi Like anda bisa mendownload artikel ini dalam format Pdf.

Pengertian Router Nirkabel dan Fungsinya

Router adalah perangkat yang digunakan untuk mengarahkan arus lalu lintas antar komputer lokal yang terhubung bersama, baik melalui kabel Ethernet ataupun melalui teknologi gelombang radio. Jaringan yang menggunakan kabel Ethernet disebut sebagai jaringan terprogram, sedangkan jaringan gelombang radio disebut jaringan nirkabel.

Lebih lengkap tentang Router. Silahkan baca : Pengertian Router dan Fungsinya

Router nirkabel adalah perangkat yang menjalankan fungsi router dan juga mencakup fungsi titik akses (Access Point) nirkabel. Router nirkabel digunakan untuk menyediakan akses ke Internet atau jaringan komputer pribadi. Router nirkabel dapat berfungsi dalam LAN berkabel (jaringan area lokal), dalam LAN nirkabel saja (WLAN).

Fungsi Router Nirkabel
Fungsi Router Nirkabel adalah menghubungkan antar jaringan yang satu dengan jaringan yang lain yang sebelumnya tidak saling terhubung. Router Nirkabel juga dapat berfungsi sebagai wireless access point yang akan membagikan jaringan internet ke beberapa pengguna. Router mampu membagikan jaringan besar menjadi beberapa jaringan kecil atau sebaliknya, serta melakukan pengaturan bandwidth managemen terhadap pengguna di belakang router nirkabel.

Kedua jenis jaringan tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, namun kelebihan jaringan nirkabel saya rasa paling murah untuk dipasang karena tidak memerlukan kabel Ethernet antar perangkat.

Sementara router nirkabel dapat mengarahkan lalu lintas lokal ke jaringan dan anda memerlukan modem jika ingin mengakses Internet. Dalam banyak kasus, penyedia layanan pelanggan digital (DSL) dan penyedia layanan Internet (ISP) menyediakan modem pra-konfigurasi untuk terhubung ke layanan. Router jenis ini bisa dihubungkan ke modem untuk menyediakan akses internet ke jaringan.

Router nirkabel sangat penting di rumah di mana banyak anggota keluarga yang ingin menikmati internet, terutama jika mereke memiliki ponsel cerdas, tablet, atau laptop yang tidak dilengkapi dengan port ethernetnya sendiri.

Bagaimana cara kerja router Wi-Fi?
Colokkan kabel telepon ke router dan data Anda akan dikirim melalui koneksi ke router.

Router Wi-Fi kemudian akan mengambil data tersebut dan mengubahnya menjadi sinyal radio, yang kemudian diambil oleh perangkat dengan kemampuan Wi-Fi seperti laptop, tablet, smartphone dan lain-lain.

Menghubungkan router Wi-Fi ke barbagai perangkat
Cara agar bisa masuk ke router yang anda gunakan adalah dengan memasukkan kata sandi pada perangkat yang Anda gunakan. Kata sandi biasanya ditentukan pada saat berlangganan ISP (Telkom Speedy) dan kata sandi dapat ditemukan di bagian bawah router.

Kata sandi adalah serangkaian angka dan huruf dan dirancang untuk memberikan keamanan yang tinggi. Serta dapat melindungi jaringan Anda agar tidak digunakan oleh orang lain secara ilegal.

Baca juga: Cara Mengganti Password Wifi Indihome

Pengertian Router Nirkabel dan Fungsinya

Pengertian Router Nirkabel dan Fungsinya

Perbedaan Router Nirkabel dengan Modem
Sebenarnya, Perbedaan antara router nirkabel dan modem internet adalah sebagai berikut: modem mengambil sinyal dari ISP (Penyedia Layanan Internet; Seperti Speedy dari Telkom), dan mengubahnya menjadi data yang dapat didownload atau diupload dari komputer di rumah. Hal ini dilakukan dengan mengubah sinyal yang melintasi jalur kabel, saluran telepon (DSL) atau jalur serat optik dan kemudian mendorong data tersebut ke router.

Sedangkan, Fungsi Router adalah bertanggung jawab untuk memisahkan sinyal tersebut ke lebih dari satu saluran, sehingga membuat banyak perangkat dapat mempunyai satu alamat IP. Ketika Anda mendapatkan satu alamat yang dikirim oleh ISP, disanalah router akan membagi-bagikannya ke sejumlah aliran individu yang menuju semua perangkat yang anda gunakan.

Jadi secara ringkas: Modem mengubah data mentah ISP menjadi sinyal internet, dan router nirkabel membelahnya sehingga lebih dari satu orang dapat menggunakannya sekaligus.

Fungsi lain dari Router Nirkabel
Router Nirkabel mampu menyediakan akses nirkabel ke web dan layanan lainnya di smartphone, tablet dan computer, Anda dapat menggunakan router untuk melakukan panggilan melalui internet, serta menghemat tagihan telepon yang harganya semakin mahal.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengakses TV digital menggunakan produk seperti Apple TV, Amazon’s Firestick, Google Chromecast atau TV cerdas.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.