Pengertian Warm Booting pada Komputer

Selasa, Juni 20th, 2017 - Uncategorized

Pengertian Warm Booting pada Komputer -Pengertian Warm Booting dan Cara Melakukannya – Booting secara global terbagi menjadi dua; yaitu Cold Booting (Booting dingin) dan Warm Booting (Booting Hangat). Booting sendiri secara umum adalah proses awal menyalakan komputer atau PC saat semua register prosesor diatur kosong, dan status prosesor diatur tata ulang.

Pada artikel yang ini saya akan mencoba membahas pengertian warm booting pada komputer sekaligus dan langkah-langkah melakukan warm booting pada Windows, Linux dan Mac.

Baca juga: Pengertian Cold Booting

Namun, sebelum kita membahas lebih dalam. Saya ingatkan jangan lupa “Like dan Share” artikel ini. Yuk kita sama-sama bangun blog ini agar memberikan manfaat kepada banyak orang. Sekaligus dengan memberi Like anda bisa mendownload artikel ini dalam format Pdf. Setuju?

Warm Booting adalah proses me-restart komputer tanpa benar-benar mematikan komputer. Maksudnya komputer yang anda gunakan dalam keadaan ON (menyala). Hal ini biasanya dilakukan apabila ada masalah seperti program komputer yang nge-hank atau halaman web yang tidak merespons sama sekali.

Warm booting adalah salahsatu dari beberapa solusi untuk mengatasi komputer error. Karena warm booting akan menghapus segala sesuatu di RAM kemudian me-restart komputer saat masih menyala.

Nah, setelah membaca pengertian warm booting di atas, sekarang kita akan mempraktekan langkah-langkah bagaimana cara melakukan Warm Booting.

Langkah-langkah melakukan Warm Booting

Langkah-langkah melakukan Warm Booting adalah sebagai berikut;

Untuk pengguna sistem operasi Windows
Jika anda menggunakan sistem operasi windows, cara yang paling umum adalah dengan me-reset komputer. Hal ini dapat dilakukan dengan menekan CTRL + ALT + DEL secara bersamaan.

Tekan CTRL + ALT + DEL untuk membuka task manager.

Setelah Task Manager terbuka, memungkinkan pengguna untuk mengklik tab “Applications” dan mengakhiri program yang menyebabkan komputer error.

Selain menekan CTRL + ALT + DEL untuk membuka task manager, anda juga bisa membuka task manager dengan cara lain. Silahkan baca; “6 Cara Membuka Task Manager di semua Versi Windows”.

Melakukan operasi reset dua kali akan menyebabkan komputer untuk me-restart dan kembali ke keadaan semula sebelum program dibuka.

Cara kedua untuk melakukan warm booting pada PC berbasis Microsoft adalah dengan mengklik tombol “Start”.

Dari sini, pengguna akan mengklik menu “Shut Down” dan pilih “Restart.”

Cara seperti ini akan membuat komputer dimatikan dan disetel ulang sementara, tanpa perlu mematikannya. Komputer akan restart pada keadaan semula, sebelum aplikasi error.

Penting!!!

Proses booting mungkin membutuhkan waktu beberapa saat tergantung kondisi dan versi sistem operasi yang anda gunakan. Jika anda menggunakan versi windows 10, jangan heran jika proses booting memakan waktu yang lama. Karena menurut survei kecepatan booting windows 10 lebih lama jika dibandingkan dengan versi sebelumnya (windows xp, 7 dan 8).

Untuk mengatasi masalah tersebut, saya sudah menulis secara khusus pada artikel yang berjudul “Cara Mempercepat Booting Windows 10“. Silahkan baca dan langsung di praktekan.

Untuk pengguna MAC
Jika anda menggunakan MAC, tentu cara yang digunakan akan berbeda. Cara dibawah sekaligus akan menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh pengunjung blog beberapa hari yang lalu.

Pengertian Warm Booting Pada Komputer

Pengertian Warm Booting Pada Komputer

Proses warm booting pada Max adalah dengan cara menekan kombinasi CONTROL + COMMAND + ESC. Dan tunggu beberapa saat sampai Mac memulai ulang kepada keadaan semula sebelum program komputer error.

Untuk kenyamanan, ada juga tombol reset yang terletak pada keyboard Mac yang akan melakukan booting hangat saat ditekan.

Untuk Pengguna Linux
Cara melakukan booting hangat pada linux sebenarnya hampir sama dengan cara yang di terapkan pada windows. Yaitu dengan cara menekan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL, dan kabar pentingnya anda juga dapat me-restart komputer menggunakan GNOME. Pengguna harus klik kanan pada desktop dan pilih “Create Launcher.” Dari sini anda harus mengetikkan perintah “/ usr / bin / gnome-session-save –kill” dan ikuti perintahnya.

Itulah Pengertian Warm Booting pada Komputer dan cara melakukannya. Jika anda ingin bertanya atau ingin menambahkan materi dari artikel di atas, silahkan berkomentar.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.