Pengertian WiMax dan Cara Kerjanya

Rabu, Juni 21st, 2017 - Internet

Pengertian WiMAX dan Cara Kerjanya – WiMax adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access. WiMax merupakan teknologi akses tanpa kabel (nirkabel) pita lebar Broadband Wireless Access ( BWA)  yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas.

Dua kekuatan pendorong Internet modern adalah broadband dan nirkabel. Standar WiMax mampu menggabungkan keduanya sehingga memberikan akses internet broadband berkecepatan tinggi melalui koneksi nirkabel.

WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Selain kecepatan data yang tinggi, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standard.

WiMAX adalah sebuah teknologi tanpa kabel yang mengoptimalkan pelayanan IP centric untuk daerah yang luas dan sebuah tanda sertifikasi untuk perangkat sesuai dengan standar IEEE 802.16. Berdasarkan Standar IEEE 802.16, WiMax menghadirkan arsitektur point-to-multipoint, sehingga menjadikannya cara yang ideal bagi operator untuk memberikan broadband ke lokasi di mana koneksi dengan kabel akan sulit atau mahal.

WiMax juga bisa memberikan solusi yang berguna untuk mengantarkan broadband ke daerah pedesaan dimana jalur berkecepatan tinggi belum tersedia disana. Sambungan WiMax juga dapat dijembatani atau diarahkan ke Jaringan LAN.

Pengembangan WiMAX berada dalam jarak kemampuan yang cukup lebar. Fixed WiMAX pada prinsipnya dikembangkan dari sistem WiFi (Wireless Fidelity), sehingga keterbatasan WiFi dapat dilengkapi melalui sistem ini, terutama dalam hal jarak. Sementara itu Mobile WiMAX dikembangkan agar dapat mengimbangi teknologi selular seperti GSM, CDMA 2000 maupun 3G.

WiMax menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan WiFi, teknologi nirkabel serupa, karena menawarkan jangkauan yang lebih luas dan lebih hemat bandwidth. Pada akhirnya, WiMax dapat digunakan untuk menyediakan konektivitas ke seluruh kota, dan dapat digabungkan ke dalam laptop untuk memberi pengguna ukuran mobilitas tambahan.

WiMax membutuhkan sebuah menara, mirip dengan menara ponsel yang terhubung ke Internet menggunakan koneksi kabel berkecepatan tinggi standar, seperti jalur T3. Namun dibandingkan dengan Penyedia Layanan Internet (ISP), yang membagi bandwidth di antara pelanggan melalui kawat, ia menggunakan tautan microwave untuk menjalin koneksi.

Keunggulan Mobile WiMAX terdapat pada konfigurasi sistem yang jauh lebih sederhana serta kemampuan pengiriman data yang lebih tinggi. Oleh karena itu WiMAX sangat mungkin dan mudah diselenggarakan oleh operator baru atau pun layanan provider kecil.

Cara Kerja WiMax

Cara Kerja WiMax sama dengan cara kerja WIFI yang menyediakan sebuah jaringan internet. Namun hal yang unik dari WiMax adalah jangkauannya yang sangat luas dan kecepatan data nya sangat cepat (mencapai 75Mbps)

Jangkauan WiMax

Pengertian WiMax dan Cara kerjanya

Pengertian WiMax dan Cara kerjanya

Berdasarkan besarnya daerah jangkauan, jaringan wireless dapat dibedakan menjadi 4 jenis. Jaringan wireless berdasarkan besarnya daerah jangkauan tersebut adalah:

1. Wireless Personal Area Network (WPAN)
Jaringan ini memiliki jangkauan kurang dari 10 meter. Biasanya dipakai untuk koneksi peralatan bagi satu orang. Contoh : Bluetooth, UWB, Zigbee.

2. Wireless Local Area Network (WLAN)
Jaringan ini memiliki jangkauan sekitar 100 meter. Biasanya digunakan dalam area yang tidak terlalu luas, seperti rumah, satu lantai dalam gedung, dan restoran. Contoh : WiFi (Wireless Fidelity).

3. Wireless Metropilitan Area Network (WMAN)
Jaringan ini memiliki jangkauan beberapa kilometer. Biasanya digunakan untuk koneksi sebuah kampus dan sebuah kota kecil. Contoh : WiMAX (Fixed WiMAX).

4. Wide Are Network (WAN) Baca juga: Pengertian LAN MAN WAN dan PAN
Jaringan wireless ini memiliki jangkauan sangat luas, yaitu mampu mencakup satu benua. Contoh : 3G (three generation) dan WiMAX (Mobile WiMAX).
WPAN Ex: Bluetooth (IEEE 802.15.1), UWB
WLAN Ex: WiFi (IEEE 802.11 and Variants)
WMAN Ex: WiMAX (IEEE 802.16-2004 version)
WAN Ex: Cellular networks (second and third generation), WiMAX (IEEE 802.16e version), WiBro.

Nah itulah Pengertian WiMax dan Cara kerjanya. Jika ada pertanyaa terkait Pengertian WiMax dan Cara kerjanya, silahkan berkomentar. Terimakasih.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.