Perbedaan WiMax dan LTE, Pilih Mana?

Rabu, Juni 21st, 2017 - Internet

Perbedaan WiMax dan LTE, Pilih Mana? – Di dunia teknologi 4G ada dua standar 4G yang bersaing: Yaitu akses microwave interoperabilitas nirkabel yang disingkat WiMAX  dan Long Evolution ( LTE ). Kedua standar ini sangat mirip sehingga banyak orang yang merasa bingung akan perbedaannya.

Nah pada artikel ini, saya akan mencoba membahas Perbedaan WiMax dan LTE. Namun, sebelum kita membahas perbedaan tersebut. Saya ingatkan jangan lupa “Like dan Share” artikel ini. Yuk kita sama-sama bangun blog ini agar memberikan manfaat kepada banyak orang. Sekaligus dengan memberi Like anda bisa mendownload artikel ini dalam format Pdf.

Perbedaan WiMax dan LTE, Pilih Mana?

Satu perbedaan antara LTE dan WiMAX adalah fungsi keduanya pada frekuensi yang berbeda, sehingga mengakibatkan penyebarannya sedikit berbeda. WiMAX dibuat untuk bekerja dengan penyebaran baru, sementara LTE dibuat untuk penerapan seluler dan broadband yang sudah ada.

Diantara keduanya, LTE sedikit lebih cepat dari pada WiMAX. Namun WiMax lebih mudah diatur. Jumlah pengguna simultan mempengaruhi operator, karena lebih banyak pengguna membutuhkan lebih banyak bandwidth; LTE sedikit lebih terpengaruh oleh jumlah pengguna dari WiMAX.

Baca juga: Pengertian WiMax dan Cara Kerjanya

Setiap teknologi berbasis gelombang, seperti LTE dan WiMAX perlu dijalankan pada frekuensi tertentu untuk digunakan. Frekuensi ini tidak mempengaruhi kecepatan atau fungsionalitasnya. Namun ini akan mengubah bagaimana sistem disiapkan dan digunakan. LTE dibuat untuk bekerja pada 700 megahertz (MHz), sementara WiMAX dibuat untuk bekerja pada 2,3 gigahertz (GHz) dan 3,5 GHz, dan keduanya mampu bekerja pada 2,1 GHz dan 2,5 GHz.

Persamaan WiMax dan LTE
Setelah membedakan WiMAX LTE, sekarang kita membahas kesamaannya. Kedua teknologi 4G ini sangat mirip. Lihat persamaannya di bawah ini.

– Keduanya sama-sama teknologi IP
– WiMax dan LTE mendukung MIMO – multiple input dan multiple output antenna technology
– WiMax dan LTE menggunakan teknologi modulasi yang sama berdasarkan multiplexing frekuensi OFDM – ortogonal.

LTE dan WiMAX keduanya mampu bekerja dengan penyebaran broadband dan mobile baru dan yang sudah ada. Pada saat yang sama, LTE dimaksudkan untuk bekerja dengan sistem yang ada dan cenderung lebih baik dalam mengintegrasikan jaringan yang ada. WiMAX lebih ditujukan untuk penyebaran dan jaringan baru. Bagi pengguna umum, ini tidak akan berarti apa-apa.

Tetapi bagi mereka yang bergelut di dunia bisnis, ini adalah lahan bisnis baru dengan memanfaatkan WiMax. Sementara LTE akan membantu peningkatan bisnis yang ada dan mengintegrasikan sistem mereka dengan teknologi baru.

Perbedaan WiMax dan LTE, Pilih Mana?

Perbedaan WiMax dan LTE, Pilih Mana

Kecepatan WiMAx Vs LTE
Baik WiMAX dan LTE menjanjikan kecepatan dan kapasitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan standar jaringan 3G dan nirkabel broadband sebelumnya. Layanan Internet Mobile secara teoritis dapat mencapai antara kecepatan koneksi 10 dan 50 Mbps . Jangan berharap untuk melihat kecepatan seperti itu secara teratur sampai teknologi ini benar-benar berkembang.

Kesimpulan
Perbedaan WiMAX dan LTE
LTE menggunakan bandwidth kanal yang berbeda dari 1,4 MHz sampai 100 MHz, sementara WiMAX menggunakan bandwidth saluran hingga 40 MHz

LTE menggunakan modulasi yang berbeda untuk uplink (SC-FDMA) dan downlink (OFDMA), sementara WiMAX menggunakan modulasi yang sama untuk kedua uplink dan downlink – SOFDMA.

Durasi frame LTE adalah 10 ms, WiMAX adalah 5 ms.

LTE dapat menangani kecepatan hingga 450 km / jam atau 280 mph, sedangkan WiMAX 120 km / jam atau 75 mph.

Jaringan WiMAX tidak mendukung sistem warisan seperti 2G dan 3G, sementara LTE kompatibel dan memungkinkan koeksistensi dan berkeliaran di antara LTE dan 3G.

Biaya untuk membangun jaringan WiMAX lebih rendah dari biaya untuk membangun jaringan LTE.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.