Perbedaan Windows 8 dan 8.1

Sabtu, Juni 17th, 2017 - Sistem Operasi

Perbedaan Windows 8 dan 8.1 – Masih membahas versi dari sistem operasi komputer khususnya sistem operasi windows. Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas pengertian sistem operasi dan fungsinya, maka pada artikel ini kita akan mengetahui perbedaan windows 8 dan 8.1.

Sebelum membahas lebih dalam, seperti biasa saya ingatkan kepada anda “jangan lupa like dan share artikel ini”. Yuk kita sama-sama bangun blog ini agar mampu memberikan manfaat kepada orang lain.

Perbedaan Windows 8 dan 8.1

Windows 8 dan 8.1 keduanya adalah versi dari Windows NT, yang dirilis oleh Microsoft dan keduanya memiliki berbeda satu sama lain. Perbedaan utama dan yang paling menonjol antara 8 dan 8.1 adalah Windows 8.1 memiliki lebih banyak aplikasi dibandingkan dengan Windows 8 seperti integrasi OneDrive,

Windows 8
Windows 8 adalah sistem operasi PC yang dirancang oleh Microsoft dan merupakan bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Windows 8 secara resmi diluncurkan pada tanggal 1 Agustus 2012. Platformnya adalah IA-32, x64, ARMv7 dan tipe Kernel-nya adalah Hybrid. Windows 8 sekarang bersaing dengan dua sistem operasi mobile populer lainnya seperti iOS dan Android.

Baca juga: Fungsi Sistem Operasi

Sebagai perbandingan dengan Windows 7, Windows 8 memperkenalkan banyak perubahan pada platform sistem operasi dan antarmuka pengguna untuk meningkatkan pengalaman penggunanya pada tablet. Sekaligus menambahkan dukungan untuk USB 3.0, hard drive format lanjutan, sistem komunikasi dan cloud computing.

Banyak fitur baru telah diperkenalkan dan yang sudah ada di Windows 7 telah diubah oleh Microsoft di Windows 8. Fitur ini terkait dengan keamanan, layanan online dan fungsionalitas, Windows Store Apps, browser web yang dikembangkan, dan Antarmuka desktop baru Pada saat bersamaan, Microsoft juga telah menghapus berbagai fitur Windows 7 di Windows 8 .

Pertama Start Menu tradisional Microsoft Windows tidak lagi menjadi bagian Windows 8. Kemudian hadir Windows Media Center dan DVD-Video di Windows Media Player yang juga tidak lagi menjadi bagian Windows 8.

Pertama kalinya, Microsoft telah memperkenalkan sistem autentikasi dua faktor yang berbasiskan pada sistem PIN dan picture password. Sistem keamanan Windows bernama Windows Defender juga mendapat kemampuan ekstra antivirus. Ada sistem Family Safety yang tepat dengan nama Parental Control yang memungkinkan orang tua memantau aktivitas online dan offline pada sistem.

Windows 8.1
Windows 8.1 adalah versi upgrade dari Windows 8 dan dirilis oleh Microsoft. Hal ini dianggap sebagai versi profesional Windows 8. Dan Windows 8 sendiri yang seharusnya menjadi versi rumahan. Windows 8.1 dirilis pada tanggal 27 Agustus 2013. Platformnya adalah IA-32, x64, dan ARMv7 dan tipe Kernel-nya adalah Hybrid.

Windows 8.1 telah menyelesaikan banyak keluhan yang dihadapi oleh pengguna di Windows 8. Perbaikan utama meliputi peningkatan fitur layar awal, tampilan snap ekstra, aplikasi ekstra penuh, integrasi OneDrive, Internet Explorer 11, mesin pencari Bing, kebangkitan Start Tombol pada taskbar dan kemampuan untuk mengembalikan perilaku sebelumnya membuka desktop pengguna saat login bukan di layar Start.

Windows 8.1 adalah versi update dari Windows 8. Ada dua metode untuk menginstal Windows 8.1; Yang gratis dan juga berbayar. Jika Anda sudah menginstal Windows 8 maka Anda bisa menikmati salinan gratis Windows 8.1 dengan mendapatkan update Windows 8.1 dari Windows Store.

Namun, jika Anda ingin langsung menginstal Windows 8.1 maka Anda akan diminta untuk membeli salinan Windows 8.1. Dalam kasus menginstal pembaruan Windows 8.1 di Windows 8, pengguna dapat menyimpan semua setelan Windows, file pribadi, dan hampir semua aplikasi terinstal.

Kesimpulan perbedaan Windows 8 dan 8.1

Pada Windows 8.1 dukungan teknologi canggih seperti Miracast streaming, Wi-Fi Direct, display beresolusi tinggi dan pencetakan 3D telah disertakan yang hilang pada Windows 8.
Windows 8 dianggap sebagai versi rumah sementara Window 8.1 dianggap sebagai versi profesional.

Windows 8 dirilis pada tanggal 1 Agustus 2012 sementara Windows 8.1 dirilis pada tanggal 27 Agustus 2013.

Windows 8.1 tidak bisa digunakan menginstal sistem operasi Windows dari Microsoft. Sebelum meng-upgrade 8.1, instalasi Windows 8 adalah wajib.

Dukungan Windows 8 tersedia namun dukungan Windows 8.1 akan tersedia setelah tanggal 12 Januari 2016.

Sistem startscreen Windows 8.1 lebih dapat disesuaikan dibandingkan dengan Windows 8. Ini menawarkan variasi lebih banyak kepada pengguna. Sedangkan pada Windows 8, pengguna bisa menyesuaikan startscreen dalam bentuk persegi panjang dan persegi per tiap bagian judul saja.

Pada Windows 8, pengguna dapat menghapus satu aplikasi atau program sekaligus Windows 8.1 mendukung sistem untuk menghapus beberapa aplikasi sekaligus.

Windows 8 hadir dengan Internet Explorer 10 sementara Windows 8.1 memiliki Internet Explorer 11.

Di Windows 8, ada aplikasi perpesanan yang telah diganti oleh Skype di Windows 8.1.

Windows 8 memiliki Windows Store Apps yang tepat saat berada di Windows 8.1, Microsoft menghapus beberapa fungsi dari toko ini.

Windows 8 lebih user-friendly dibandingkan dengan Windows 8.1. Cara terbaik adalah untuk mempelajari tujuan dan membantu dalam memahami Windows 8.1.

Nah, itulah Perbedaan WIndows 8 dan 8.1. Jika ada pertanyaan, silahkan berkomentar. Terimakasih sudah berkunjung.

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.