6 Cara Membebaskan Ruang Disk

Sabtu, Juli 1st, 2017 - Tips dan Trik

6 Cara Membebaskan Ruang Disk – Ruang Disk pada Hard drive setiap hari semakin menyempit karena banyak nya aktifitas yang kita lakukan pada komputer yang kita gunakan . Akibat yang ditimbulkan dari ruang Disk hardisk yang sempit adalah berkurangnya kinerja komputer sehingga komputer akan terasa berat dan lambat pada saat digunakan.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Laptop Lemot

Tidak berbeda dengan perut kita. Kebiasaan makan terlalu kenyang sehingga perut Anda menjadi penuh dapat membahayakan kesehatan Anda dan dapat membuat Anda gemuk tapi tidak sehat.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempunyai jadwal rutin untuk membebaskan ruang Disk file dan program yang tidak penting serta menghapus sampah pada komputer Anda.

Nah pada artikel ini, saya akan memberitahu Anda 6 cara membebaskan ruang Disk file pada sistem operasi Windows. Cara ini bisa Anda lakukan pada Windows xp, Windows 7, Windows 8.1 dan Windows 10.

Namun, sebelum kita membahas cara pertama. Saya ingatkan jangan lupa “Like dan Share” artikel ini. Yuk kita sama-sama bangun blog ini agar memberikan manfaat kepada banyak orang. Sekaligus dengan memberikan Like Anda bisa mendownload artikel ini dalam format Pdf.

6 Cara Membebaskan ruang Disk Pada Windows

1. Free Up Disk Space dengan CleanMyPC
Jika Anda tidak mau repot, silahkan gunakan CleanMyPC ketika ingin membersihkan dan membebaskan ruang Disk disk pada komputer Anda. Perangkat lunak ini sangat saya rekomendasikan karena kemampuannya membersihkan ruang Disk hardisk. Bahkan akan membuat komputer Anda bersih secara otomatis.

Selain itu, perangkat lunak ini dilengkapi dengan tools hebat seperti Clean Uninstaller , untuk menyingkirkan aplikasi dan juga membersihkan sampah yang mereka tinggalkan.

2. Disk Cleanup
Windows menyertakan alat built-in yang bisa menghapus file sementara dan data penting lainnya. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk membersihkan hard drive pada komputer yang Anda gunakan.

Caranya adalah sebagai berikut;
a. Buka Windows Explorer, klik kanan salah satu hard drive dan pilih Properties. (Atau Anda bisa mencarinya Start Menu dengan mengetikan “Disk Cleanup”).
Lihat gambar di bawah ini.

6 Cara Membebaskan Ruang Disk

6 Cara Membebaskan Ruang Disk

b. Klik tombol Disk Cleanup pada jendela disk properties.

6 Cara Membebaskan Ruang Disk

6 Cara Membebaskan Ruang Disk

c. Pilih jenis file yang ingin Anda hapus dan klik OK.

(i) File yang akan dihapus adalah file sementara, file log, file di recycle bin Anda, dan file penting lainnya.

Anda juga bisa membersihkan file sistem, yang tidak tampil pada daftar. Klik tombol Bersihkan file sistem jika Anda ingin menghapus file sistem.

(ii) Setelah membersihkan file system, Anda bisa meng-klik tombol More Options dan menggunakan tombol Clean up di bawah System Restore dan Shadow Copies untuk menghapus data pemulihan sistem.

(iii) Tombol tersebut akan menghapus semua restore point terbaru, jadi pastikan komputer Anda bekerja dengan benar sebelum menggunakannya. Dan yang pasti Anda tidak dapat menggunakan system restore point yang lebih lama.

3. Uninstall Space
Menguninstall atau mencopot beberapa program yang tidak penting akan membebaskan ruang Disk. Tapi ada juga program atau aplikasi yang menggunakan sedikit ruang Disk.

Sebelum menginstal program tersebut, pastikan terlebih dahulu melihat ukurannya. Apakah memang benar-benar perlu di hapus atau tidak?

Caranya adalah sebagai berikut…
a. Masuk ke Contorl Panel, Klik Programs dan Features
b. Klik tab Size untuk melihat berapa banyak ruang Disk yang diinstal setiap program pada komputer Anda.
c. Jika Anda sudah yakin, silahkan klik kanan pada program tersebut dan klik “Uninstall”

6 Cara Membebaskan Ruang Disk

6 Cara Membebaskan Ruang Disk

(i) Jika Anda tidak melihat ukuran dari program, klik tombol opsi di sudut kanan atas daftar dan pilih tampilan Rincian.

(ii) Terkadang, beberapa program atau aplikasi tidak melaporkan jumlah ruang Disk yang mereka gunakan.

(iii) Atau bisa jadi program tersebut menggunakan banyak ruang Disk namun tidak memiliki informasi apa pun di kolom Ukurannya.

4. Analisis Disk Space
Untuk mengetahui secara pasti penggunaan ruang Disk pada hard drive Anda, Anda dapat menggunakan program analisis hard disk. Aplikasi akan memindai (scan) drive dan akan menampilkan semua file dan folder mana yang paling banyak digunakan.

Aplikasi yang paling cocok untuk menganalisa Disk Space adalah WinDirStat.

Setelah aplikasi WinDirStat selesai menjalankan tugasnya pada sistem Anda, WinDirStat akan menunjukkan kepada Anda folder, jenis file, dan file mana yang paling banyak menggunakan ruang Disk.

Silahkan hapus beberapa folder dan file yang Anda anggap tidak penting.

5. Bersihkan File Sementara
Perangkat lunak yang yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan file sementara adalah CCleaner. Saya akui perangkat lunak ini memang sangat bagus. Bahkan sampai sekarang saya masih menggunakannya .

CCleaner membersihkan file sampah dari berbagai program pihak ketiga dan juga membersihkan file Windows yang tidak akan disembunyikan oleh Disk Cleanup.

6. Cari dan Hapus File Duplikat
Anda bisa menggunakan aplikasi duplikat-file-finder untuk mencari duplikat file pada hard drive komputer Anda. Cari dan hapus file duplikat agar komputer Anda “bernapas” dengan baik.

Bagaimana cara mencari duplikat file? Silahkan baca artikel “Cara mencari duplikat file”.

Nah, itulah 6 cara membebaskan ruang Disk pada komputer. Jika Anda mempunyai cara lain, silahkan tulis pada kotak komentar di bawah. Terimakasih sudah berkunjung. 😀

Comments

comments

error: Mohon Maaf, artikel tidak bisa copas! Silahkan download artikel ini pada link yang sudah di sediakan.